Penerapan Metode EOQ (Economic Order Quantyti) Untuk Pencapaian Efesiensi Persediaan Bahan Baku Sablon Pada Digital Custom Screen And Printing Di Samarinda (Nur Reny Purwanti S)

February 2, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 2, 2023 @ 11:27 PM
IP: 182.3.139.36

  • 1. Title [Judul]: Penerapan Metode EOQ (Economic Order Quantyti) Untuk Pencapaian Efesiensi Persediaan Bahan Baku Sablon Pada Digital Custom Screen And Printing Di Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nur Reny Purwanti S
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: EOQ, ROP, Persediaan bahan baku
  • 4. Description [Abstrak] : Nur Reny Purwanti S, “Penerapan Metode EOQ ( Economic Order Quantity ) Untuk Pencapaian Efesiensi Persediaan Bahan Baku Sablon pada Digital Custom Screen And Printing di Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Adietya Arie Hitami S.Sos., M.AB selaku pembimbing 1 dan Bapak Mansyur, S.E., M.Si selaku pembimbing 2.
    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jumlah frekuensi pemesanan bahan baku yang ekonomis serta mengetahui waktu yang tepat bagi perusahaan untuk memesan bahan baku.
    Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan objek yang diteliti adalah Digital Custom Screen and Printing. Alat analisis yang dalam penelitian ini menggunakan metode EOQ (Economic Order Equity) untuk mengetahui jumlah pemesanan bahan baku yang ideal, dan dibantu dengan ROP (ReOrder Point) untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan ulang. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan secara obeservasi dan wawancara serta studi kepustakaan.
    Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode EOQ (Economic Order Quantity) dapat mengatahui jumlah bahan baku yang harus perusahaan pesan dan dengan waktu pemesanan yang ideal.
    Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pihak perusahaan untuk menganalisis dan mengatahui berapa jumlah persedian yang ekonomis untuk perusahaan sehingga dapat melakukan pemesanan ulang pada bahan baku.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Adietya Arie Hetami. S.Sos., M.AB dan Mansyur, SE., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 10 November 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email