Dampak Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Komunitas Dance Cover K-POP Crush (Elkris Santiana , Rina Juwita , Kadek Dristiani Dwivayani )
February 1, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Feb 1, 2023 @ 10:32 AM
IP: 125.160.113.254
- 1. Title [Judul]: Dampak Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Komunitas Dance Cover K-POP Crush
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Elkris Santiana , Rina Juwita , Kadek Dristiani Dwivayani
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Instagram, Konsumtif, Media Sosial, K-Pop
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif komunitas dance cover Korean Pop crush (Crush Dc) di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini berfokus pada jumlah waktu, isi media, dan hubungan media dengan individu pada penggunaan instagram. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah waktu pengunaan instagram dapat menimbulkan perilaku konsumtif pada anggota Crush Dc karena semakin lama menggunakan instagram semakin banyak informasi yang diterima. Isi media yang ditampilkan di instagram secara sederhana dapat menimbulkan perilaku konsumtif pada anggota Crush Dc karena minim tipuan visual. Hubungan media instagram dengan individu menimbulkan anggota crush dc melakukan perilaku konsumtif karena terikat pada artis yang disukai. Karakteristik perilaku konsumtif anggota Crush Dc adalah memakai produk karena unsur konformitas terhadap model yang mengiklankan. Pembelian impulsif pada anggota Crush Dc masuk dalam tipe pure impulse. Pembelian tidak rasional anggota Crush Dc masuk dalam segi implusive buying dengan aspek afektif. Dimensi pemborosan anggota Crush Dc adalah tipe reminder impulse dan suggestion impulse. Dampak negatif penggunaan instagram terhadap perilaku konsumtif adalah membeli barang yang tidak perlu dan boros. Adapun dampak positifnya adalah adanya pengakuan dan validasi dari sesama penggemar Korea.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr.RinaJuwita,S.IP.,MHRIR, Kadek Dristiani Dwivayani,S.Sos.,M.Med
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16 Januari 2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4719
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article