IMPLEMENTASI PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN (PROGRAM JAMINAN PENSIUN) DALAM UPAYA MEMENHUI KEBUTUHAN DASAR PESERTA SETELAH MEMASUKI MASA PENSIUN DI KABUPATEN KUTAI TIMUR (Prima Hidayat Tajuddin)

January 31, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 31, 2023 @ 1:24 PM
IP: 36.85.36.171

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN (PROGRAM JAMINAN PENSIUN) DALAM UPAYA MEMENHUI KEBUTUHAN DASAR PESERTA SETELAH MEMASUKI MASA PENSIUN DI KABUPATEN KUTAI TIMUR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Prima Hidayat Tajuddin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Jaminan Sosial, Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Program Jaminan Pe
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Program Jaminan Pensiun dalam upaya memenuhi kebutuhan dasar peserta penerima manfaat program yang ada di Kabupaten Kutai Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian yaitu Program Jaminan Pensiun yang dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan guna memenuhi kebutuhan dasar pekerja setelah memasuki masa pensiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program Jaminan Pensiun yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan sudah berjalan cukup lancar, hal ini dibuktikan dengan tidak adanya hambatan yang signifikan terkait jalannya Program Jaminan Pensiun, namun terdapat kendala seperti peserta program yang kurang memahami apa saja manfaat yang akan diterima dari program yang diikuti. Faktor pendukung implementasi Program Jaminan yaitu terdapat kesadaran pekerja akan pentingnya mengikuti Program Jaminan Pensiun yang akan bermanfaat ketika pensiun, selain itu faktor pendukung lainnya yaitu BPJS Ketenagakerjaan sebagai pelaksana program yang turut serta proaktif dalam sosialisasi sejumlah program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada stakeholder terkait, guna meningkatkan jumlah peserta, selain itu juga kemudahan administrasi juga menjadi faktor pendukung yang mendorong lancarnya pelaksanaan Program Jaminan Pensiun. Faktor penghambat implementasi Program Jaminan Pensiun yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan yaitu kurangnya pemahaman terhadap manfaat program yang diikuti oleh peserta, selain itu juga terdapat faktor lain penghambat implementasi Program Jaminan Pensiun yaitu ketentuan yang mengharuskan pencairan manfaat program yang tidak sesuai dengan usia pensiun peserta yang mengakibatkan tidak langsungnya manfaat yang dapat diterima oleh peserta program.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Lisbet Situmorang, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]:

Loading

Print Friendly, PDF & Email