Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Sebagai Fasilitator di Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda (Meidina Rahmawati)

January 31, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Rahmawati, Meidina
On: Jan 31, 2023 @ 10:32 AM
IP: 114.5.242.73

  • 1. Title [Judul]: Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Sebagai Fasilitator di Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Meidina Rahmawati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Pendamping, Fasilitator, Program Keluarga Harapan
  • 4. Description [Abstrak] : Ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar kehidupan sehari-hari merupakan representasi masih adanya masalah kemiskinan. Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah sudah dilakukan salah satunya dengan penguatan kemampuan keluarga melalui Program Keluarga Harapan (PKH) bersama dengan sumber daya manusia yang ada yaitu salah satunya pendamping sosial PKH, diharapkan dapat membantu keluarga untuk kembali kepada kondisi yang sejahtera. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran apa yang dilakukan oleh pendamping PKH sebagai fasilitator di Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yang di dapatkan dengan wawancara langsung dengan responden yaitu Koordinator Kota PKH, Pendamping PKH Kelurahan Air Putih, dan 3 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sedangkan data sekunder meliputi jurnal, buku, website, dan lain-lain. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pendamping sebagai fasilitator, berdasarkan teori jim ife Peran pendamping sebagai fasilitasi dan Edukasional memegang peranan sangat penting dalam proses pelaksanaan PKH Kelurahan Air Putih. Sebagai fasilitator, pendamping memberikan mulai dari pemberi semangat, Responsifitas terhadap aduan-aduan KPM, adanya pertemuan rutin dengan KPM, dan Membantu menyelesaikan masalah. Kegiatan-kegitaan tersebut dilakukan oleh pendamping dengan memberikan penuh arahan dan juga memfasilitasi apabila ada yang terkandala masing-masing kegiatan tersebut.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sukapti, M. Hum dan Zulkifli Abdullah, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email