Strategi Kepala Adat Dalam Menggerakkan Kaum Muda Melestarikan Tarian Gong Suku Dayak Agabag Di Desa Butas Bagu Kecamatan Sembakung Kabupaten Nunukan (Junianti)

January 31, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 31, 2023 @ 10:21 AM
IP: 202.67.39.6

  • 1. Title [Judul]: Strategi Kepala Adat Dalam Menggerakkan Kaum Muda Melestarikan Tarian Gong Suku Dayak Agabag Di Desa Butas Bagu Kecamatan Sembakung Kabupaten Nunukan
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Junianti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, Kepala Adat, Melestarikan Budaya Tarian Gong
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui atau mendeskripsikan Strategi Kepala Adat Menggerakkan Kaum Muda Untuk Melestarikan Tarian Gong Suku Dayak Agabag di Desa Butas Bagu Kecamatan Sembakung Kabupaten Nunukan. Adapun latar belakang dalam penelitian ini adalah seiring berjalannya waktu perkembangan zaman yang sangat pesat sudah merabah sampai kepelosok desa maka budaya tarian gong ini sudah mulai hilang disebabkan oleh perkembangan zaman yang sangat moderen dan masuknya budaya asing singga budaya Tarian Gong ini sediki demi sedikit mulai menghilang dan kurangnya minat kaum muda untuk ikut melestarikan Tarian Gong tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi kepala adat dalam menggerakkan kuam muda untuk melestarikan tarian gong. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala adat dalam melestarikan Tarian Gong di desa Butas Bagu dan untuk mengetahui strategi kepala adat dan tokoh masyarakat mengikut sertakan kaum muda melestarikan Tarian Gong di desa Butas Bagu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data reduksi dan display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa strategi kepala adat menggerakkan kuma muda untuk melestarikan Tarian Gong. adalah salah satu uapaya yang dilakukan kepala adat agar budaya Tarian Gong tetap dilestarikan dan dikembangkan dengan mengumpulkan kaum muda memperkenalkan budaya salah satunya Tarian Gong, pelatihan Tarian Gong dan mengadakan perlombaan Tarian Gong agar nilai-nilai budaya tetap terus dilestarikan oleh kaum muda sebagai generasi penerus.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Martinus Nanang.,MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: open document

Loading

Print Friendly, PDF & Email