Analisis Pengelolaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning Dalam Efisiensi Biaya Persediaan (Studi Pada Usaha Kecil Menengah Amplang Keramat Sanga-Sanga). (Novi Sujana)

January 25, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: sujana, novi
On: Jan 25, 2023 @ 10:43 AM
IP: 110.139.150.247

  • 1. Title [Judul]: Analisis Pengelolaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning Dalam Efisiensi Biaya Persediaan (Studi Pada Usaha Kecil Menengah Amplang Keramat Sanga-Sanga).
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Novi Sujana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persediaan, Metode MRP, Efisiensi Biaya
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara penerapan pengelolaan bahan baku dengan metode MRP. Selain itu untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode MRP dalam meningkatkan efisiensi biaya bahan baku amplang dalam proses produksi pada CV. Amplang Keramat Sarijaya. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen kunci, partisipan penuh sekaligus pengumpul data, sedangkan instrumen yang lain sebagai penunjang dan teknik pengumpulan data yang digunakan pada metode kualitatif adalah interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi.
    Analisis data dilakukan menggunakan metode MRP dengan teknik lot sizing Lot For Lot (LFL), Economic Order Quantity (EOQ) dan Periodic Order Quantity (POQ). Adapun hasil penelitian yang didapat yaitu, analisis perhitungan MRP dengan teknik lot sizing yaitu Period Order Quantity (POQ) menghasilkan total biaya pemesanan bahan baku yang paling minimum dan digunakan sebagai solusi untuk pengendalian persediaan bahan baku pada CV.Amplang Keramat Sarijaya. Karena dalam penggunaan metode ini memiliki detail rincian dari kebutuhan bahan baku sampai waktu yang digunakan sebagai untuk tunggu kedatangan bahan baku. Penerapan sistem MRP pada CV. Amplang keramat sarijaya dapat membantu perusahaan dalam upaya meminimalkan persediaan bahan baku sehingga biaya persediaan dapat lebih efisien 8,4% untuk bahan baku amplang, dan 50% untuk Biaya simpan dan biaya pemesanan selama periode 9 bulan produksi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Adietya Arie Hetami, S.Sos.,M.AB., Ana Noor Andriana, S.AB.,M.AB.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: e-journal artical

21 total views, 1 views today

Print Friendly, PDF & Email