PEMASARAN POLITIK PARTAI GERINDRA DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN CITRA POSITIF PARTAI DI KOTA SAMARINDA (Natasya Pramica Sadea Putri)
January 24, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Putri, Natasya
On: Jan 24, 2023 @ 6:02 PM
IP: 125.160.113.42
- 1. Title [Judul]: PEMASARAN POLITIK PARTAI GERINDRA DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN CITRA POSITIF PARTAI DI KOTA SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Natasya Pramica Sadea Putri
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pemasaran Politik, Perspektif Komunikasi, Partai Gerindra, Citra Politik
- 4. Description [Abstrak] : Pemasaran politik dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk meningkatkan popularitas mereka,. Misalnya menggunakan iklan media cetak dan media elektronik sebagai bentuk kegiatan media relation. Media massa dianggap berperan dalam menciptakan citra realitas (images of reality) bagi publik. Media massa memiliki kapasitas untuk menciptakan gambaran tentang citra realitas orang, objek atau peristiwa yang sedang terjadi saat ini. Isi media massa adalah wadah yang menampilkan berbagai peristiwa yang terjadi sehingga bagi masyarakat berperan sebagai sumber untuk mendapatkan gambaran atau citra realitas, serta nilai dan penilaian yang menjadi tolak ukur fakta tersebut. Dalam proses pemasaran politik, partai politik bersaing untuk merebut hati masyarakat, melalui suatu kegiatan komunikasi yang ditunjukkan untuk mempengaruhi seseorang agar memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan keinginan pemberi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemasaran politik Partai Gerindra dan apa saja faktor pendukung yang dilakukan Partai Gerindra untuk membangun citra positif partai di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini menggunakan teori pemasaran politik dengan menggunakan strategi pemasaran politik Adman Nursal (2004) yaitu (push marketing) mendorong pemasaran, (pass marketing) melalui pemasaran, (pull marketing) menarik pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran politik partai Gerindra, push marketing (mendorong pemasaran) menggunakan konsep permanen yang harus dipegang teguh oleh partai untuk menciptakan kepercayaan pada citra publiknya, dengan tujuan memperkenalkan dan menyebarkan aspek-aspek positif partai di masyarakat Kota Samarinda. Dengan meningkatkan citra politik partai dan berkomunikasi untuk menciptakan citra positif di masyarakat. Upaya pass marketing (melalui pemasaran) dalam menghadirkan tokoh yang berpengaruh sebagai ikatan yang kuat dengan masyarakat, sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk mengambil hati dan rasa percaya terhadap kontestan di partai Gerindra tersebut. Ketiga dalam pull marketing (menarik pemasaran) untuk menyampaikan produk politik dengan menggunakan media seperti distribusi cetak, media elektronik, media sosial, periklanan, dan kegiatan promosi melalui acara dan sponsorship.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa, S.Sos., M.M & Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4701
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article