PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA VIN’Z ICE CREAM OUTLET JALAN BHAYANGKARA KOTA SAMARINDA (Ririn Anggraeni)
January 13, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Jan 13, 2023 @ 7:56 PM
IP: 202.67.38.27
- 1. Title [Judul]: PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA VIN’Z ICE CREAM OUTLET JALAN BHAYANGKARA KOTA SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ririn Anggraeni
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: experiential marketing, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen
- 4. Description [Abstrak] : Experiential marketing dan kualitas pelayanan merupakan hal penting bagi
suatu usaha untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Vin’z Ice Cream
merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang kuliner yang mengutamakan
kepuasan konsumen karena dengan kepuasan konsumen maka suatu usaha akan
mampu meningkatkan keunggulan dalam sebuah persaingan. Namun pada Vin’z
Ice Cream Outlet Jalan Bhayangkara Kota Samarinda, berdasarkan wawancara
konsumen masih merasakan adanya ketidakpuasan dikarenakan terdapat beberapa
kekurangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing
dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Vin’z Ice Cream Outlet
Jalan Bhayngkara Kota Samarinda. Experiential marketing (X1) dan kualitas
pelayanan (X2) digunakan sebagai variabel independen sedangkan kepuasan
konsumen (Y) digunakan sebagai variabel dependen. Teknik pengumpulan data
digunakan dengan observasi lapangan, wawancara, kuesioner serta dokumentasi.
Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling (purposive
sampling). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Data
dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software
statistik SPSS versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel experiential marketing dan
kualitas pelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan konsumen. Variabel experiential marketing merupakan variabel yang
paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Finnah Fourqoniah, Ana Noor Andriana
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29/06/2022
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/46350
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Pdf