strategi kompetisi pengemudi ojek online Kelurahan Sempaja Selatan dalam menghadapi persaingan sesama pengemudi ojek online di Kota Samarinda (Sayid Achmad Akbar)

January 5, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 5, 2023 @ 3:07 PM
IP: 182.3.140.79

  • 1. Title [Judul]: strategi kompetisi pengemudi ojek online Kelurahan Sempaja Selatan dalam menghadapi persaingan sesama pengemudi ojek online di Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Sayid Achmad Akbar
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Kompetisi, Ojek Online, Persaingan, Adaptasi
  • 4. Description [Abstrak] : Berdasarkan permasalahan yang terjadi, dimana jumlah pengemudi ojek online terus bertambah serta persaingan antara pihak aplikator dalam memberikan obral harga sehingga terjadinya persaingan dalam merebutkan pesanan konsumen di Kota Samarinda, maka pengemudi ojek online terutama yang berada di Kelurahan Sempaja Selatan perlu melakukan adaptasi agar tetap dapat bertahan hidup ditengah persaingan sesama pengemudi ojek online di Kota Samarinda. Tujuan penelitina ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi kompetisi pengemudi ojek online Kelurahan Sempaja Selatan dalam menghadapi persaingan sesama pengemudi ojek online di Kota Samarinda. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan fokus pada (1). Prilaku adaptasi, (2). Strategi Adaptasi, (3). Proses Adaptasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis adaptasi yang digunakan oleh pengemudi ojek online di Kelurahan Sempaja Selatan Kota Samarinda (1). Prilaku Adaptasi yaitu berupa mempertahankan penilaian bintang atau rating akun ojek online dan menjadi mitra ojek online lebih dari satu, (2). Strategi Adaptasi yaitu memanfaatkan keadaan Kota sebagai tempat mangkal, memanfaatkan waktu di pagi hari, memanfaatkan hari senin sampai minggu, dan melakukan penambahan jam kerja, (3) Proses Adaptasi yaitu membangun hubungan baik sesama pengemudi online dengan bergabung ke dalam komunitas atau basecamp ojek online.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Badruddin Nasir dan Lisbet Situmorang
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: cc by sa

Loading