PERILAKU BELAJAR MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Program Studi Pembangunan Sosial Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman) (Meilia Hasanah)

December 28, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Hasanah, Meilia
On: Dec 28, 2022 @ 5:37 PM
IP: 182.3.138.70

  • 1. Title [Judul]: PERILAKU BELAJAR MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Program Studi Pembangunan Sosial Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Meilia Hasanah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Perilaku Belajar, Mahasiswa, Pandemi Covid-19
  • 4. Description [Abstrak] : Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku belajar mahasiswa serta faktor pendukung dan penghambat perilaku belajar mahasiswa Program Studi Pembangunan Sosial angkatan 2019 FISIP Universitas Mulawarman selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pemilihan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling terdiri dari 6 mahasiswa Program Studi Pembangunan Sosial angkatan 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Hasil dari tugas akhir ini menunjukkan bahwa perilaku belajar mahasiswa selama pandemi Covid-19 adalah terdapat beberapa hambatan yang mempengaruhi keberhasilan akademik. Kebanyakan dari mereka mencari sumber belajar melalui media online dengan membaca jurnal, artikel, menonton youtube, dan materi PowerPoint yang dibagikan dosen. Rata-rata dari mereka tidak mengunjungi perpustakaan selama pandemi. Saat menghadapi ujian membaca kembali catatan dan materi yang di berikan oleh dosen, membaca artikel atau jurnal di internet, dan menonton video terkait materi kuliah di youtube. Faktor pendukung dan penghambat perilaku belajar mahasiswa ialah perhatian dan motivasi dari orang terdekat, pemahaman teknologi dan infrastruktur. Rekomendasi yang penulis bisa sampaikan melihat maraknya teknologi saat ini menuntut mahasiswa dan dosen Program Studi Pembangunan Sosial FISIP UNMUL untuk peka terhadap segala aktivitas yang berhubungan dengan teknologi sebagai sarana komunikasi online.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Badruddin Nasir, Zulkifli Abdullah
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 Desember 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: https://ejournal.ps.fisip-unmul.ac.id/site/?page_id=15

Loading

Print Friendly, PDF & Email