Efektivitas Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi “Labanan Makmur” Pada Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau (Hesti Purnama Sari )

December 22, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Purnama Sari, Hesti
On: Dec 22, 2022 @ 12:07 AM
IP: 114.5.110.186

  • 1. Title [Judul]: Efektivitas Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi “Labanan Makmur” Pada Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Hesti Purnama Sari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas, Pelayanan Publik, E- Government, Aplikasi Labanan Makmur
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tentang efektivitas pelayanan publik berbasis aplikasi “Labanan Makmur” pada Kampung Labanan Makmur. Penelitian ini menggunakan lima fokus yaitu efisiensi dalam pelayanan, daya tanggap petugas, sarana dan prasarana, semangat kerjasama, dan hubungan antara pimpinan dan bawahan serta untuk mengetahui
    faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelayanan berbasis
    aplikasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Penelitian ini dilaksanakan di Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau. Hasil penelitian menunjukkan secara umum pelayanan publik berbasis aplikasi “Labanan Makmur” pada Kampung Labanan Makmur berjalan cukup efektif karena tiga dari lima fokus sudah berjalan dengan optimal. Adapun pelayanan berbasis
    aplikasi ini belum efisien karena hanya 30% penduduk Kampung
    Labanan Makmur yang menggunakan pelayanan berbasis aplikasi ini. Daya tanggap petugas di kantor Kampung Labanan Makmur sudah cepat karena sesuai dengan kompetensi perangkat kampung. Sarana
    dan prasarana sudah memandai dalam mendukung jalannya pelayanan berbasis aplikasi baik bagi masyarakat maupun bagi perangkat
    kampung, namun yang menjadi kendala utama terletak pada belum
    adanya server pelayanan milik kampung sendiri. Kemudian semangat kerja sama yang terlihat di kantor Kampung Labanan Makmur sudah sangat tinggi serta Hubungan antara pimpinan dan bawahan sudah
    terjalin dengan baik. Faktor pendukung dalam menunjang pelaksanaan pelayanan publik berbasis aplikasi yaitu jaringan telekomunikasi, Sumber Daya Manusia, alat/perangkat yang menunjang dan Pelayanan berbasis anjungan administrasi desa. Sedangkan faktor penghambat
    yang dihadapi Kampung Labanan Makmur yaitu masyarakat belum familiar dengan pelayanan online, pola pikir masyarakat yang
    menganggap pelayanan online lebih sulit dilakukan dan Server down.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Burhanudin, M.Si & Dr. H. Muh. Jamal, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22 Desember 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal article

Loading