Analisis Informasi Percepatan Terpadu Melalui Media Sosial (Si Cepat Mesi) sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara (Mohammad Haidir)
December 21, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Dec 21, 2022 @ 3:23 PM
IP: 125.160.114.46
- 1. Title [Judul]: Analisis Informasi Percepatan Terpadu Melalui Media Sosial (Si Cepat Mesi) sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Mohammad Haidir
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Inovasi Pelayanan Publik, Media Sosial, E-government
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Informasi Percepatan Terpadu melalui Media Sosial (Si Cepat Mesi) sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara serta untuk mengidentifikasi faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian terdiri dari: keuntungan relatif, kompatibilitas, kompleksitas, triabilitas, observabilitas dan faktor penghambat. Dalam penelitian ini yang menjadi key informannya adalah Kepala Seksi Pelayanan Umum, staf pelayanan umum dan masyarakat yang menggunakan layanan Si Cepat Mesi. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif seperti yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Si Cepat Mesi merupakan sebuah inovasi pelayanan publik di Kantor Kecamatan Kota Bangun karena menawarkan sejumlah keunggulan-keunggulan komparatif yang membuatnya lebih baik dari layanan sebelumnya, memiliki kompatibilitas yang baik karena dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kondisi masyarakat, mudah dipahami dari segi administrasi dan persyaratan, serta dapat dicoba dan dipantau oleh masyarakat selama implementasinya. Penelitian ini juga menemukan bahwa manajemen berkas telah meningkatkan sejak layanan Si Cepat Mesi di implementasikan. Oleh karena itu, layanan ini dinilai dapat mempermudah pengurusan dokumen bagi masyarakat khususnya dalam pengurusan IUMK dan AK.I. Faktor penghambat yang ditemukan dalam penerapan inovasi layanan Si Cepat Mesi antara lain, layanan yang tidak terintegrasi, jaringan internet yang tidak stabil, kurangnya sosialisasi terkait pelayanan Si Cepat Mesi dan kurangnya berkualitas sarana dan prasarana.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang Irawan, M.Si & Dr. Fajar Apriani, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4583
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal