Analisis Efektivitas Quick Response Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Terhadap Pelayanan 2009-2020 di Kota Samarinda. (Reza Febriandri Hamzah, Hairunnisa, Johantan Alfando WS)
December 20, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Dec 20, 2022 @ 6:12 PM
IP: 36.85.7.155
- 1. Title [Judul]: Analisis Efektivitas Quick Response Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Terhadap Pelayanan 2009-2020 di Kota Samarinda.
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Reza Febriandri Hamzah, Hairunnisa, Johantan Alfando WS
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas, Quick Response, Bhayangkara, Keamanan dan Ketertiban, Masyarakat
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas Quick Response Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) terhadap pelayanan 2009-2020 di Kota Samarinda. Fokus penelitian terdiri dari:Inovasi, Saluran komunikasi, Jangka waktu, dan Sistem sosial. Informan yaitu Kepala Polresta, Kasat Binmas, dan Kanit Bhabinkamtibmas, dan Anggota Bhabinkamtibmas Polresta Samarinda. Analisis data kualitatif menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, inovasi Bhabinkamtibmas selalu memberikan pelatihan, koordinasi dengan masyarakat, stakeholder dan pihak pihak yang berada di wilayah binaannya, dengan membuat Grup WhatsApp di wilayah binaannya, sudah dilakukan selama 11 tahun, setiap sosialisasi sekitar waktu 30 menit. Saluran komunikasi di program QR menggunakan saluran komunikasi dari media sosial seperti WA, IG, FB, dan cara telepon, tatap muka langsung, bimbingan penyuluhan, dan lainnya. Masalah yang ditemukan karena perbedaan watak masyarakat sehingga terjadi miss communication, tetapi itu dapat diminimalisir oleh Bhabinkamtibmas. Akses jaringan juga menjadi hambatan ketika masyarakat akan menghubungi Bhabinkamtimas, sehingga informasi yang disampaikan tidak maksimal. Jangka waktu Bhabinkamtibmas akan langsung meluncur ke TKP sesuai dengan laporan warga saat menerima laporan sekitar 10 menit toleransi untuk sampai dilapangan.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM, Johantan Alfando WS, S.I.Kom., M.I.Kom
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4665
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article