Inovasi Pelayanan Keimigrasian Melalui Program Eazy passport di Kantor Imigrasi Kelas II Tpi Nunukan (Fitri)

November 23, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 
image_pdfimage_print

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 23, 2022 @ 9:31 AM
IP: 139.255.15.182

  • 1. Title [Judul]: Inovasi Pelayanan Keimigrasian Melalui Program Eazy passport di Kantor Imigrasi Kelas II Tpi Nunukan
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fitri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Eazy passport, Inovasi, Keberhasilan Inovasi
  • 4. Description [Abstrak] : Fitri, Inovasi Pelayanan Keimigrasian Melalui Program Eazy Passport di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan di bawah bimbingan Dr. Enos Paselle, M.AP selaku pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan tingkat keberhasilan pelaksanaan inovasi pelayanan keimigrasian melalui program Eazy passport di kantor Imigrasi kelas II TPI Nunukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian yaitu tingkat keberhasilan Inovasi eazy passport dengan saluran komunikasi, upaya dari agen, dan sistem sosial. Informan dalam penelitian ini ialah Kepala Seksi LALINTALKIM, Kepala Sub Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Penyusun Laporan dan Hasil Evaluasi, dan masyarakat penerima layanan eazy passport di Pulau Sebatik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Dengan analisis data model interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi eazy passport yang dilaksanakan di Pulau Sebatik secara umum belum bisa dikatakan sepenuhnya berhasil walaupun masyarakat Pulau Sebatik sangat terbantu dengan adanya inovasi layanan eazy passport ini. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri inovasi ini dalam pelaksanaannya di Pulau Sebatik masih ditemui beberapa permasalahan seperti saluran komunikasi yang kurang menyebar dengan baik dikalangan masyarakat pulau Sebatik dan ditambah lagi penyebaran saluran komunikasi untuk eazy passport ini tidak menyertakan alur untuk mendapatkan layanan tersebut sehingga masyarakat pulau Sebatik beberapa hanya mengetahui inovasi tersebut ada akan tetapi tidak mengetahui alur untuk mendapatkan layanan tersebut terlebih lagi masyarakat banyak yang tidak tahu bahwa harus ada pengajuan melalui surat untuk mendapatkan layanan ini.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal

19 total views, 1 views today