STRATEGI SEKOLAH DI DALAM MENGATASI TIMBULNYA KENAKALAN SISWA DI LINGKUNGAN SMAN 1 NYUATAN KABUPATEN KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR (Yosua Firmanda Albersa)

November 15, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 
image_pdfimage_print

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 15, 2022 @ 5:05 PM
IP: 139.255.15.182

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI SEKOLAH DI DALAM MENGATASI TIMBULNYA KENAKALAN SISWA DI LINGKUNGAN SMAN 1 NYUATAN KABUPATEN KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yosua Firmanda Albersa
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pendahuluan Perilaku ‘nakal’ remaja bisa disebabkan oleh faktor dari remaja it
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian identifikasi profil Sekolah di dalam mengatasi timbulnya kenakalan siswa di lingkungan SMA Negeri 1 Nyuatan. Metode penelitian ini merupakan deskriptif-kualitatif, dengan fokus (1). Strategi Sekolah dalam Mengatasi Timbulnya Kenakalan Siswa, (2). Strategi guru sebagai mentor di sekolah, (3).strategi guru memberikan contoh yang baik disekolah. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara secara mendalam dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menujukan bahwa strategi sekolah dalam mengatasi timbulnya kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Nyuatan harus bekerja sama antara pemerintah selaku pemangku kebijakan, sekolah selaku penyelenggara pendidikan dan orang tua siswa dalam mewujudkan pendidikan nasional. Hasil penelitian strategi yang digunakan antara lain: 1. Strategi sekolah dalam mengatasi timbulnya kenakalan siswa ditemukan bahwa sekolah SMA Negeri 1 Nyuatan menerapkan pendekatan secara psikologi, pendekatan antar guru dan siswa dalam mengatasi timbulnya kenakalan siswa, selain itu guru juga melakukan kerja sama dengan orang tua siswa dalam mendidik dan membentuk karakter untuk menjadi lebih baik, 2. Strategi guru sebagai mentor di sekolah didapatkan bahwa pihak sekolah terutama Kepala Sekolah, Guru Agama, Komite maupun pihak keluarga siswa perlu meningkatkan perhatian lebih terhadap siswa dengan menempatkan guru sebagai mentor atau pengarah kepada hal-hal yang baik dalam melakukan kegitan dan bertemana. 3. strategi guru memberikan contoh yang baik disekolah didapatkan contoh yang bisa diterapkan pada siswa seperti saling menolong, gotong royong, setia kawan, melakukan kegiatan keagamaan baik disekolahan maupun di lingkungan masyarakat. Kesimpulan lembaga pendidikan harus dapat mengurangi tindakan-tindakan siswa yang melanggar norma-norma kehidupan bermasyarakat tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga merugikan orang lain seperti masyarakat setempat, keluarga, maupun pihak sekolah. Maka dari itu lembaga pendidikan harus mampu menjadi solusi dalam mengatasi permaslahan kenakalan siswa yang ada di masyarakat dan menjadikan siswa yang berahlak mulia, berbudi luhur, bersosial yang tinggi, dan memiliki intelek tual yang mampu bersaing di masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. MuhammadArifin, M.Hum
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15 November 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

32 total views, 3 views today