PERAN BALAI LATIHAN KERJA KOTA SAMARINDA DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA (Ma’arif Hidayat,H.Badruddin Nasir, Lisbet Situmorang)

November 15, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 
image_pdfimage_print

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 15, 2022 @ 1:51 PM
IP: 182.3.133.132

  • 1. Title [Judul]: PERAN BALAI LATIHAN KERJA KOTA SAMARINDA DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ma’arif Hidayat,H.Badruddin Nasir, Lisbet Situmorang
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Balai Latihan Kerja, Kinerja Balai Latihan Kerja
  • 4. Description [Abstrak] : Unit Pelaksanana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja merupakan bagian dari Dinas Tenaga Kerja yang di khsuskan untuk memberikan pelatihan kerja serta untuk meningkatkan kualitas kerja, khususnya bagi masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan rendah yang mana cenderung memeiliki keterampilan rendah dan tidak mampu melanjutkan Pendidikan ke jenjang ke lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya hasil kinerja UPT (Unit Pelaksana Teknis) BLK (Balai Latihan Kerja) tentang pelaksanaan pelatihan keterampilan kerja di Kota Samarinda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-Kualitatif dengan fokus (1). Meningkatkan Keterampilan Kejuruan Otomotif, (2). Meningkatkan Keterampilan Kejuruan Teknik Listrik, (3). Meningkatkan Keterampilan Kejuruan Manufaktur, (4). Meningkatkat Keterampilan Kejuruan Bangunan, (5). Meningkatkan Keterampilan Kejuruan Refrigeration. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif data yang di kumpulkan merupakan pengumpulan data dengan cara observasi lapangan, wawancara secara mendalam dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menununjukan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan di BLK Kota Samarinda adalah orang-orang yang memiliki harapan tinggi dalam dunia kerja, mampu bersaing dalam dunia kerja serta mampu membuka lapangan kerja. Peseta pelatihan keterampilan kejuruan di BLK Kota Samarinda sangat terbantu di dalam meningkatkan keahlian individu yang dibutuhkan di dunia kerja. Peserta pelatihan keterampilan kejuruan BLK Kota Samarinda setelah menyelesaikan pelatihan banyak yang langsung di Tarik bekerja di prusahaan Otomotif, prusaaan PLN, prusaaan Manufaktur, Prusahaan Kontraktor Baangunan dan prusahaan jasa pebaikan Refrigeration. Hal ini membuktik bahwa peserta yang sudah menyelesaikan pelatihan keterampilan kejuruan di BLK Kota Samarinda mampu bersaing dalam dunia kerja. Untuk pencari kerja lebih baik mengasah kemampuan khususnya di bagian kejuruan agar mengikuti Latihan kerja di BLK Kota Samarinda suapaya mampu bersaing di dunia kerja.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Badruddin Nasir, M.Si., Dra. Lisbet Situmorang, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15 November 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

25 total views, 2 views today