Komunikasi Terapeutik Tenaga Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi pada ibu hamil di Klinik dr. Nurul Karti Handayani, SpOG (K) Samarinda) (Gusti Devi RIzki Mahmudah)

November 1, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Rizki Mahmudah, Gusti Devi
On: Nov 1, 2022 @ 6:47 AM
IP: 125.160.115.136

  • 1. Title [Judul]: Komunikasi Terapeutik Tenaga Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi pada ibu hamil di Klinik dr. Nurul Karti Handayani, SpOG (K) Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Gusti Devi RIzki Mahmudah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi Terapeutik, Kualitas Pelayanan, Tenaga Kesehatan, Ibu Hamil
  • 4. Description [Abstrak] : Berkembangnya zaman perlu diperhatikan informasi yang dilakukan oleh tenaga
    kesehatan seputar kehamilan termasuk di Klinik dr.Nurul Karti Handayani, SpOG
    (K). Pentingnya melihat sisi komunikasi terapeutik yang terjadi pada ibu hamil
    guna mengurangi resiko kematian ibu hamil diakibatkan kurangnya pengetahuan
    pengelola stress selama hamil. Salah satu kelompok pasien yang perlu diperhatikan
    dalam hubungan komunikasi terapeutik perawat-pasien adalah para ibu dalam
    masa kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana komunikasi
    terapeutik tenaga kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Klinik
    dr.Nurul Karti Handayani, SpOG (K).
    Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan rancangan
    penelitian interaksi simbolik guna memahami lebih dalam komunikasi terapeutik
    tenaga kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Klinik tersebut. Hasil
    penelitian menunjukkan adanya ikatan antara tenaga kesehatan-pasien selama
    berkomunikasi membuat ketidakcanggungan saat berinteraksi. Pasien yang
    menerima pesan nyaman dan paham dengan pesan yang disampaikan. Pelayanan
    yang diberikan hampir memenuhi harapan pasien, mulai dari sikap, komunikasi
    hingga penyediaan fasilitas untuk kenyamanan pasien. Dalam hal ini komunikasi
    yang diterapkan mampu memenuhi harapan pasien dengan terciptanya kerja sama
    antar tenaga kesehatan-pasien.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Lisda Sofia, S.Psi.,M.Psikolog dan Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos.,M.Med.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading