Komunikasi Terapeutik Tenaga Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi pada ibu hamil di Klinik dr. Nurul Karti Handayani, SpOG (K) Samarinda) (Gusti Devi RIzki Mahmudah)
November 1, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Rizki Mahmudah, Gusti Devi
On: Nov 1, 2022 @ 6:47 AM
IP: 125.160.115.136
- 1. Title [Judul]: Komunikasi Terapeutik Tenaga Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi pada ibu hamil di Klinik dr. Nurul Karti Handayani, SpOG (K) Samarinda)
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Gusti Devi RIzki Mahmudah
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi Terapeutik, Kualitas Pelayanan, Tenaga Kesehatan, Ibu Hamil
- 4. Description [Abstrak] : Berkembangnya zaman perlu diperhatikan informasi yang dilakukan oleh tenaga
kesehatan seputar kehamilan termasuk di Klinik dr.Nurul Karti Handayani, SpOG
(K). Pentingnya melihat sisi komunikasi terapeutik yang terjadi pada ibu hamil
guna mengurangi resiko kematian ibu hamil diakibatkan kurangnya pengetahuan
pengelola stress selama hamil. Salah satu kelompok pasien yang perlu diperhatikan
dalam hubungan komunikasi terapeutik perawat-pasien adalah para ibu dalam
masa kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana komunikasi
terapeutik tenaga kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Klinik
dr.Nurul Karti Handayani, SpOG (K).
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan rancangan
penelitian interaksi simbolik guna memahami lebih dalam komunikasi terapeutik
tenaga kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Klinik tersebut. Hasil
penelitian menunjukkan adanya ikatan antara tenaga kesehatan-pasien selama
berkomunikasi membuat ketidakcanggungan saat berinteraksi. Pasien yang
menerima pesan nyaman dan paham dengan pesan yang disampaikan. Pelayanan
yang diberikan hampir memenuhi harapan pasien, mulai dari sikap, komunikasi
hingga penyediaan fasilitas untuk kenyamanan pasien. Dalam hal ini komunikasi
yang diterapkan mampu memenuhi harapan pasien dengan terciptanya kerja sama
antar tenaga kesehatan-pasien.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Lisda Sofia, S.Psi.,M.Psikolog dan Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos.,M.Med.Kom
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4630
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article