Dampak Pandemi Corona Terhadap Tingkat Kesejahteraan Nelayan Di Sebatik (Studi Kasus Kelompok Nelayan Di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Sebatik Timur, Kalimantan Utara 2019-2022) (Heriyanto)

October 27, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Heriyanto, Heriyanto
On: Oct 27, 2022 @ 1:15 PM
IP: 125.160.113.248

  • 1. Title [Judul]: Dampak Pandemi Corona Terhadap Tingkat Kesejahteraan Nelayan Di Sebatik (Studi Kasus Kelompok Nelayan Di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Sebatik Timur, Kalimantan Utara 2019-2022)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Heriyanto
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kata Kunci : kesejahteraan, nelayan, pandemi, corona, hasil tangkap, PSBB
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Heriyanto: Dampak Pandemi Corona Terhadap Tingkat Kesejahteraan Nelayan Di Sebatik (Studi Kasus Kelompok Nelayan Di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Sebatik Timur, Kalimantan Utara 2019-2022). Penelitian ini dilakukan dibawah bimbingan Ibu Dr. Sri Murlianti M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Zulkifli Abdullah S.Sos., M.Si selaku pembimbing II.
    Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data primer dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara mendalam dengan para nelayan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dimana pada masa pandemi terjadi para nelayan mengalami beberapa kendala yang mengakibatkan tingkat kesejahteraan nelayan di Sebatik mengalami penurunan.
    Terjadi penurunan harga jual hasil tangkap nelayan, pengeluaran rumah tangga selama pandemi yang semakin meningkat, semakin naiknya harga bahan pokok dan pertambahan anggota keluarga selama pandemic. Keadaan tempat tinggal para nelayan yang perlu direnovasi akibat kondisi tempat tinggalnya sudah mulai rapuh dan serta fasilitas transportasi yang sulit untuk di dapatkan selama pandemi menambah beban sangat berat bagi para nelayan.
    Aktivitas para nelayan sempat terhenti dan setelah PSBB sudah dicabut oleh pemerintah harga hasil tangkap para nelayan mengalami penurunan karena tidak adanya pasaran ikan dan akses untuk melakukan pengiriman ekspor ikan ke nagara tetangga di Tawau (Malaysia) mengalami kendala sehingga para nelayan harus menjual hasil tangkapannya di pasar-pasar yang berada di pulau sebatik dengan harga yang lebih murah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sri Murlianti M.Si , Zulkifli Abdullah S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 27/10/2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email