Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Pemandian Serayu Lestari di Kota Samarinda (Juneria Tawa Sejahtri)

October 16, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 16, 2022 @ 3:12 PM
IP: 182.3.137.64

  • 1. Title [Judul]: Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Pemandian Serayu Lestari di Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Juneria Tawa Sejahtri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Destinasi Wisata
  • 4. Description [Abstrak] : ABSTRAK
    JUNERIA TAWA SEJAHTRI, 1502095131, Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Pemandian Serayu Lestari Di Kota Samarinda yang di bimbing oleh Ibu Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si dan Bapak Faries Althalets, S.Par., MM.
    Samarinda memiliki destinasi wisata buatan yaitu Pemandian Serayu Lestari yang berletak di Jl.Serayu, Tanah merah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Pemandian Serayu Lestari. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran yang dilakukan pengelola Pemandian Serayu Lestari.
    Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari Kotler dan Amstrong (2012:62) tentang strategi pemasaran 4P sebagai berikut: 1. Dalam Product pengelola wisata Pemandian Serayu Lestari telah membuat desain yang unik dangan fasilitas yang beragam dan pelayanan yang baik. 2. Dalam Price pengelola menentukan harga berdasarkan target pasar yang dituju dalam hal ini pasarnya adalah menengah kebawah. 3. Dalam Place lokasi Pemandian Serayu Lestari cukup strategis dengan alam yang tenang serta sejuk dan lahan parkir yang luas. 4. Dalam Promotion pengelola melakukan periklanan dan promosi penjualan pengelola membuat baliho, brosur, media sosial (instagram dan facebook) dan memberikan potongan harga kepada rombongan pengunjung yang mencapai 20 orang.
    Metode penelitian yang penulis gunakan deskriptif kualitatif dengan informan kunci (Key Informan) dan informan pendukung (Informan). Sumber data yang diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara.
    Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pemandian Serayu Lestari telah berhasil menerapkan strategi pemasaran 4P hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian dimana jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2021 mengalami peningkatan dari pada tahun sebelumnya, namun strategi pemasaran pada Pemandian Serayu Lestari masih tetap harus diperhatikan dan dikembangkan agar bisa terus meningkatkan kunjungan wisatawan. Saran untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pengelola diharapkan tetap menjaga kebersihan lingkungan dan keamanan, memberikan pelatihan kepada karyawan, berkerjasama dengan angkutan umum atau travel, dan meningkatkan promosi yang sudah ada.
    Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Destinasi Wisata
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si dan Faries Althalets, S.Par.,MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 24 juni 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading