ANALISIS PENGGUNAAN ALOKASI DANA KAMPUNG DALAM PEMBANGUNAN KAMPUNG PESAYAN KECAMATAN SAMBALIUNG KABUPATEN BERAU (Muhammad Fathrisal Hasbullah)

September 21, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 21, 2022 @ 8:35 AM
IP: 125.160.113.200

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS PENGGUNAAN ALOKASI DANA KAMPUNG DALAM PEMBANGUNAN KAMPUNG PESAYAN KECAMATAN SAMBALIUNG KABUPATEN BERAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Fathrisal Hasbullah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Analisis, Alokasi Dana Kampung, Pembangunan
  • 4. Description [Abstrak] : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda, Analisis Penggunaan Alokasi Dana Kampung Dalam Pembangunan Kampung Pesayan Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau, dibawah bimbingan Bapak Dr. Anwar Alaydrus S.Sos, MM dan Ibu Melati Dama, S.Sos, M.Si.
    Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Berau, berlokasi di Kampung Pesayan Kecamatan Sambaliung. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan beberapa tahap yaitu penelitian lapangan dengan cara menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta penelitian kepustakaan. Selanjutnya, data yang didapatkan akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini untuk mengetahui Penggunaan Alokasi Dana Kampung yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kampung dalam Pembangunan Kampung Pesayan
    Pembangunan Kampung Pesayan meliputi beberapa tahapan yaitu musyawarah pengambilan gagasan yang dilaksanakan oleh RT setempat, selanjutnya musyawarah akhir tahun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan hasil usulan-usulan akan masuk dalam Anggaran Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBK).Hasil penelitian yang dilakukan di Kampung Pesayan bahwa Alokasi Dana Kampung untuk pembangunan fisik yang terealisasikan hanya pembangunan balai Kampung dan jalur pipa selebihnya Alokasi Dana Kampung difokuskan kepada Penyelrnggaraan Pemerintah kampung. Sementara untuk pembangunan non fisik direalisasikan menggunakan Alokasi Dana kampung melainkan menggunakan Dana Kampung dikarenakan intruksi dari Kecamatan itu sendiri tetapi tetap berdasarkan regulasi. Untuk faktor pendukung dalam melaksanakan pembangunan Kampung Pesayan yaitu adanya Sumber Daya Alam dan juga Sumber Daya Manusia, dan untuk faktor penghambat kondisi geografis Kampung Pesayan yang tersebar luas. Hal tersebut mengakibatkan sarana prasarana yang harus ada disetiap pemukiman warga sehingga membuat siltap yang sangat besar.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anwar Alaydrus, MM, Ibu Melati Dama, S.Sos, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

20 total views, 1 views today