DIGITALISASI SISTEM PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA PEGAWAI DAN SISTEM PELAYANAN AKADEMIK SEBELUM PANDEMI COVID-19 DAN MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus : Fakultas TIK UINSI dan Fakultas SAINTEK UMKT Samarinda) (Hendrita Lelen)

September 21, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Lelen, Hendrita
On: Sep 21, 2022 @ 6:08 AM
IP: 103.166.213.86

  • 1. Title [Judul]: DIGITALISASI SISTEM PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA PEGAWAI DAN SISTEM PELAYANAN AKADEMIK SEBELUM PANDEMI COVID-19 DAN MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus : Fakultas TIK UINSI dan Fakultas SAINTEK UMKT Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Hendrita Lelen
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Digitalisasi, Sistem Pelayanan, Efisiensi Kerja Pegawai, Pandemi Covid-19
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian untuk mengetahui perkembangan penerapan digitalisasi sistem pelayanan akademik sebelum adanya Pandemi Covid-19 yakni pada awal mula berdirinya Perguruan Tinggi yang diteliti dan pada masa Pandemi Covid-19 yang berimbas kepada peningkatan efisiensi kerja pegawai dan pelayanan akademik di Fakultas SAINTEK UMKT Samarinda dan FTIK UINSI Samarinda.
    Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini ialah pegawai bidang akademik dan IT di Fakultas SAINTEK UMKT dan FTIK UINSI Samarinda. Objek penelitian ini ialah sistem pelayanan dan media berbasis teknologi digitalisasi yang dilakukan secara online. Data kemudian diperoleh dengan beberapa metode, yakni; observasi secara langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
    Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan digitalisasi sistem pelayanan akademik pada Fakultas SAINTEK UMKT dan FTIK UINSI Samarinda sebelum Pandemi Covid-19 sudah mulai diterapkan yakni sejak awal mula kedua Perguruan Tinggi diresmikan, akan tetapi terbatas pada beberapa jenis pelayanan saja. Namun, beberapa efisiensi sudah dirasakan oleh pegawai, selain itu, pada peningkatan pelayanan, penerapan digitalisasi mampu menciptakan kualitas pelayanan yang efisiensi, responsif, transparan, dan efektif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil. I. Ketut Gunawan, MA dan Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos,. MM.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

20 total views, 1 views today