Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen pada Hotel Sejati di Balikpapan (Marisa )
September 1, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: , Marisa
On: Sep 1, 2022 @ 9:08 AM
IP: 120.188.84.231
- 1. Title [Judul]: Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen pada Hotel Sejati di Balikpapan
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Marisa
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen
- 4. Description [Abstrak] : Bauran Pemasaran penting bagi perusahaan yang ingin meningkatkan penjualan produk atau jasa. Hotel Sejati di Balikpapan merupakan salah satu industri perhotelan yang sangat bergantung pada penjualan kamar hotel untuk dapat meningkatkan pelayanan selain untuk mencari keuntungan. Namun bauran pemasaran jasa di Hotel Sejati Balikpapan masih belum optimal karena tingkat kepuasan pelanggan yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Hotel Sejati di Balikpapan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang akan menginap dan pernah menggunakan jasa Hotel Sejati di Balikpapan. Oleh karena itu, diambil sampel untuk penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan non probability sampling. Jenis non probability yang digunakan adalah accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan Bukti Fisik (X7) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Pengujian hipotesis secara keseluruhan (Uji F) membuktikan hipotesis berpengaruh dan signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen diterima bersama (H0 ditolak dan Ha diterima). Hasil pengujian dengan uji t diketahui bahwa variabel person merupakan variabel yang paling signifikan dan berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Hotel Sejati di Balikpapan.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Fareis Althalets, S.Par., M.M dan Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 31 Agustus 2022
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jadbis/article/view/8131
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel