TRADISI REWANG SEBAGAI IMPLEMENTASI FUNGSI KOMUNIKASI SOSIAL DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS MASYARAKAT RAWA MAKMUR KECAMATAN PALARAN (Ardina Asmi Aulia, Lisbet Situmorang, Kheyene Molekandella)

August 25, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 25, 2022 @ 6:17 AM
IP: 114.122.230.245

  • 1. Title [Judul]: TRADISI REWANG SEBAGAI IMPLEMENTASI FUNGSI KOMUNIKASI SOSIAL DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS MASYARAKAT RAWA MAKMUR KECAMATAN PALARAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ardina Asmi Aulia, Lisbet Situmorang, Kheyene Molekandella
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Fungsi Komunikasi Sosial, Tradisi Rewang, Teori Interaksionisme Simbolik
  • 4. Description [Abstrak] : Manusia yang berkumpul di suatu wilayah disebut masyarakat, dimana dalam masyarakat memiliki budaya dan tradisi yang berlaku. Seperti tradisi yang masih berlaku di masyarakat mayoritas bersuku jawa ialah tradisi rewang. Tradisi rewang menjadi media komunikasi yang terjadi di kelompok masyarakat tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan serta menganalisa tradisi rewang sebagai implementasi fungsi komunikasi sosial dalam mempertahankan solidaritas masyarakat rawa makmur kecamatan palaran. Fokus penelitian ini ialah fungsi komunikasi sosial oleh Daddy Mulyana yakni konsep diri, eksistensi diri, kelangsungan hidup, memupuk hubungan dan mendapatkan kebahagiaan yang akan di analisis menggunakan teori interaksionisme simbolik oleh Herbert Blumer. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan oleh Milles Huberman. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
    Hasil penelitian ini ialah fungsi komunikasi sosial dalam tradisi rewang di kelurahan rawa makmur kecamatan palaran ini terjadi oleh perasaan saling tolong menolong sehingga menimbulkan sikap saling membutuhkan dan sepenanggungan yang apabila kita membantu orang lain selanjutnya apabila kita membutuhkan bantuan juga akan di bantu oleh orang lain sehingga terbentuklah solidaritas antar masyarakat. Dengan menggunakan teori interaksionisme simbolik masyarakat menjadikan tradisi rewang sebagai wadah/tempat untuk mereka membentuk konsep diri, eksistensi diri dan memupuk hubungan serta mendapatkan kebahagiaan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra Lisbet Situmorang M.Si, Kheyene Molekandella Boer S.I.Kom M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email