Analisis Marketing Communication dalam Membangun Brand Image melalui Sosial Media Instagram (Studi Kasus pada Kopiria Samarinda) (Catur Sefti Nanda)
August 22, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Aug 22, 2022 @ 8:04 AM
IP: 36.78.202.194
- 1. Title [Judul]: Analisis Marketing Communication dalam Membangun Brand Image melalui Sosial Media Instagram (Studi Kasus pada Kopiria Samarinda)
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Catur Sefti Nanda
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Marketing Communication; Brand Image; Social Media; Instagram
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram dalam membangun brand image yang dilakukan oleh Kopiria. Subjek dalam penelitian ini adalah pendiri Kopiria dan juga seseorang yang berperan dalam pemasaran untuk memasarkan produk yang ditawarkan dan membangun citra merek melalui kegiatan komunikasi pemasaran. Dari aspek brand image, melalui konsep marketing communication yang tim Kopiria rumuskan dan dukung realisasinya dengan media sosial Instagram, khususnya fitur-fitur pada Instagram dalam konten Kopiria ternyata tidak sepenuhnya sejalan dengan persepsi followers. Jadi kalau dilihat dari kekuatan brand dan sikap positif followers terhadap perusahaan memang sudah terlihat, namun dari segi keunikan media sosial Instagram masih belum kuat. Kalau dirinci, dari segi konten yang membedakannya dengan kompetitor lain masih terbilang mirip, hanya saja intensitas yang dilakukan Kopiria lebih tinggi dan konten yang diunggah rawan memiliki kesamaan, dimana mayoritas kontennya adalah masih tentang promosi, kuis, giveaway dan sejenisnya. Ini memiliki dampak yang kurang signifikan pada korelasi dengan citra merek. Namun intensitas, skill dan konsistensi Kopiria dalam menghadirkan konten interaktif di media sosial Instagram dalam 3 tahun terakhir mampu membuat konsumen memahami brand image yang ingin dibangun atau dibentuk.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Wira Bharata
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22 Agustus 2022
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jadbis/article/view/8337
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document