PERAN LURAH DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI KELURAHAN TANI AMAN KECAMATAN LOA JANAN ILI KOTA SAMARINDA (Raesa Amelia Putri)

August 9, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Putri, Raesa Amelia
On: Aug 9, 2022 @ 7:28 AM
IP: 36.85.32.74

  • 1. Title [Judul]: PERAN LURAH DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI KELURAHAN TANI AMAN KECAMATAN LOA JANAN ILI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Raesa Amelia Putri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Lurah, Pemberdayaan Perempuan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis peran Lurah dalam pemberdayaan perempuan di Kelurahan Tani Aman, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, faktor pendukung dan faktor penghambat. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran Lurah dalam pemberdayaan perempuan di Kelurahan Tani Aman, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda telah melaksanakan ketiga perannya sesuai dengan teori Tjokroamidjojo (2001:42). Peran lurah sebagai motivator dilihat dari keberhasilan pencapaian program pemberdayaan perempuan yang telah terlaksana seperti kegiatan menjahit, membatik, membuka usaha catering, menerima pesanan kue, dan pesanan jahitan. Sebagai fasilitator dilihat dalam pemberian fasilitas pelaksanaan kegiatan pemberdayaan, penyediaan instruktur dalam kegiatan pemberdayaan, dan sebagai mobilisator memberikan arahan kepada masyarakat melalui RT dan turun langsung, agar masyarakat mengikuti kegiatan pemberdayaan yang dilakukan kelurahan, serta menggerakan masyarakat agar menjadi mandiri terutama dalam menciptakan usaha sendiri dari pelatihan yang dilakukan. Faktor pendukung termasuk dukungan dari berbagai pihak, seperti terjalinnya silaturahmi yang baik antar masyarakat, bertujuan agar terjalin keakraban antar lurah dan masyarakat, dan faktor penghambat dari pemberian anggaran dalam pembiayaan kegiatan tidak memadai dikarenakan penurunan anggaran dialihkan untuk pembiayaan COVID-19, keterbatasan bantuan sarana dan prasarana menyebabkan proses kegiatan pemberdayaan perempuan tidak berjalan secara maksimal dan kurangnya edukasi tentang penjualan digital atau marketing online untuk pemasaran produk kepada masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muh. Jamal, M.Si, Nur Hasanah, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

39 total views, 1 views today