ANALISIS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PRESENTASI DIRI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN (Fridha Tamara Poetri, Hj. Hairunnisa)

August 1, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Poetri, Fridha
On: Aug 1, 2022 @ 6:04 AM
IP: 36.85.7.118

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PRESENTASI DIRI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fridha Tamara Poetri, Hj. Hairunnisa
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Media Sosial, Instagram, Presentasi diri.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan instagram sebagai media presentasi diri mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Fokus penelitian yang digunakan mengenai penggunaan instagram sebagai media presentasi diri pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman meliputi indikator strategi presentasi diri menurut Jones and Pittman dalam Schokker (2007), yaitu terdiri dari strategi mengambil muka, promosi diri, menakut-nakuti, pemberian contoh, dan permohonan.
    Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Purposive Sampling kepada para informan yang terdiri dari 6 mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan (observasi), penyebaran kuisioner/angket, wawancara kepada para informan yang dipilih melalui Purposive Sampling berdasarkan beberapa kriteria-kriteria tertentu, serta dokumentasi.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan instaagram sebagai media presentasi diri mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Informan mempresentasikan diri melalui laman instagram informan dengan cara memposting foto, video, dan instagram story guna menampilkan diri dan memperlihatkan apa saja yang informan lakukan. Selain itu, informan juga mengatakan bahwa dengan mempresentasikan diri melalui instagram sangat membantu mereka untuk mengekspresikan diri dan dikenal oleh lebih banyak orang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa, S.Sos., M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

37 total views, 1 views today