Hubungan Antara Antara Alasan Menikah Usia Dini Dengan Keutuhan Pernikahan Didesa Muara Tae Kecamatan Jempang Kabupaten Kutai Barat. (Selvi Satputri Juyu)

July 31, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 31, 2022 @ 8:52 PM
IP: 182.3.135.155

  • 1. Title [Judul]: Hubungan Antara Antara Alasan Menikah Usia Dini Dengan Keutuhan Pernikahan Didesa Muara Tae Kecamatan Jempang Kabupaten Kutai Barat.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Selvi Satputri Juyu
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Alasan Menikah, Usia Dini, Keutuhan Pernikahan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana hubungan antara alasan menikah usia dini dengan keutuhan pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan antara alasan menikah usia muda dengan keutuhan pernikahan di Desa Muara Tae. Jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara alasan menikah usia muda dengan keutuhan pernikahan di Desa Muara Tae. Faktor yang utama dan mayoritas penyebab remaja menikah di usia muda yaitu karena faktor pergaulan bebas atau hamil di luar nikah yang di alami oleh sebagian besar remaja yang menikah muda di Kampung Muara Tae. Ada juga sebagian informan peneliti mengungkapkan alasannya menikah muda karena hanya ingin menikah atau keinginan sendiri untuk menikah dini serta himpitan ekonomi. Pernikahan di usia muda berpengaruh terhadap keutuhan pernikahan baik yang langgeng maupun yang tidak langgeng karena remaja cenderung belum siap pengetahuan, mental, serta ekonomi dalam mengurus rumah tangga sehingga memicu perselisihan dan ketidakcocokan sehingga menyebabkan perceraian.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Martinus Nanang, M.A.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 1 Agustun 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

29 total views, 1 views today