Strategi Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Ekonomi Di Desa Embalut Kabupaten Kutai Kartanegara (Urfan Ahya)

July 26, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 26, 2022 @ 7:40 AM
IP: 125.160.115.228

  • 1. Title [Judul]: Strategi Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Ekonomi Di Desa Embalut Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Urfan Ahya
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: strategi, pemberdayaan masyarakat, kemandirian ekonomi
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi Pemerintah Desa dalam pemberdayaan masyarakat menuju kemandiran ekonomi di Desa Embalut, Kabupaten Kutai Kartanegara yang dilihat berdasarkan beberapa indikator Strategi Pemerinta Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Ekonomi di Desa Embalut, yaitu : 1) Waktu, 2) Dampak, 3) Pola Keputusan, 4) Pemusatan Upaya, 5) Daya Serap. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling, narasumber dengan key informan adalah Kepala Desa Embalut dan informan yang berasal dari Sekretaris Kepala Desa Embalut, Seksi Pembangunan Desa Embalut, pihak perusahaan PT. Kitadin, dan beberapa masyarakat Desa Embalut, Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian dilaksanakan di Desa Embalut, Kabupaten Kutai Kartanegara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, penelitian lapangan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
    Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ini diketahui bahwa dari ke lima indikator pelaksanaan strategi pemberdayaan masyarakat oleh pemerintah Desa Embalut sudah berjalan cukup baik dan dapat dikatakan berhasil dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian ekonomi di Desa Embalut. Hal ini terbukti melalui dampak yang dirasakan oleh masyarakat dimana mereka telah memiliki pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang mereka punya dengan tidak bergantung oleh orang lain sehingga dapat dikatakan mandiri serta adanya prestasi yang diperoleh Desa Embalut.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1.Dr. Erwin Resmawan, M. Si 2.Sri Reski Mulka, S.IP, M.I.Pol
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email