ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN GRAB (TERIMAKASIH SEPANJANG-PANJANGNYA) DI CHANNEL YOUTUBE (Muhammad Naufal Abna Dikara)

July 11, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 11, 2022 @ 11:30 AM
IP: 125.160.113.196

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN GRAB (TERIMAKASIH SEPANJANG-PANJANGNYA) DI CHANNEL YOUTUBE
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Naufal Abna Dikara
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Iklan Grab, Semiotika, Pesan Sosial
  • 4. Description [Abstrak] : Media massa berkembang pesat setiap tahunnya, iklan adalah salah satu
    produk media massa yang mau tidak mau mengikuti perkembangan tersebut. Selain hal
    tersebut tidak dapat di pungkiri iklan merupakan cara media massa mempertahankan
    eksistensi dan kelangsungan hidup media massa. Iklan adalah fenomena bisnis modern
    di era sekarang. Iklan adalah salah satu produk dia massa yang fungsi utama iklan
    adalah untuk memperkenalkan suatu produk, layanan, juga membentuk citra brand
    atau perusahaan. Iklan pada dasarnya berisi symbol maupun tanda yang di
    representasikan atas realita-realita dan fenomena yang di tangkap olehsi pembuatnya.
    Kerena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda yang
    mempresentasikan pesan sosial dalam iklan Grab Terimakasih Sepanjangpanjangnya. Penelitian ini berdasarkan pada teori Semiotika Roland Barthes yang
    menganalisis menggunakan pemaknaan bertingkat, yaitu makna denotasi, konotasi,
    dan kemudian mitos yang dimunculkan. Makna denotasi dimengerti secara harfiah
    atau makna yang sesungguhnya. Makna konotasi adalah makna yang tersembunyi atau
    implisit, sedangkan mitos adalah pemaknaan yang muncul setelah konotasi atau
    perkembangan dari konotasi.
    Dari penelitian ini iklan grab terimakasih sepanjang-panjangnya banyak
    memuat pesan-pesan sosial yang menampilkan hal-hal kepekaan dan empati dalam
    kehidupan, yaitu kepedulian terhadap kaum difable, bentuk dan etika bekerjasama,
    kesenjangan pendidikan, dan juga keharmosian sebuah dalam keluarga. Secara
    semiotika, iklan grab terimakasih sepanjang-panjangnya sebenarnya memiliki pesan
    tersirat berupa komunikasi pemasaran, yang dibalut dengan menampilkan grab
    sebagai perusahaan yang sangat humanis dan memahami permasalahan sosial. Pesan
    sosial dalam iklan grab terimakasih sepanjang-panjangnya, banyak memuat pesan
    yang tidak sesuai dengan realita ataupun mitos yang ada dalam masyarakat
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunisa, S.Sos.,M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading