ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN GRAB (TERIMAKASIH SEPANJANG-PANJANGNYA) DI CHANNEL YOUTUBE (Muhammad Naufal Abna Dikara)
July 11, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Jul 11, 2022 @ 11:30 AM
IP: 125.160.113.196
- 1. Title [Judul]: ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN GRAB (TERIMAKASIH SEPANJANG-PANJANGNYA) DI CHANNEL YOUTUBE
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Naufal Abna Dikara
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Iklan Grab, Semiotika, Pesan Sosial
- 4. Description [Abstrak] : Media massa berkembang pesat setiap tahunnya, iklan adalah salah satu
produk media massa yang mau tidak mau mengikuti perkembangan tersebut. Selain hal
tersebut tidak dapat di pungkiri iklan merupakan cara media massa mempertahankan
eksistensi dan kelangsungan hidup media massa. Iklan adalah fenomena bisnis modern
di era sekarang. Iklan adalah salah satu produk dia massa yang fungsi utama iklan
adalah untuk memperkenalkan suatu produk, layanan, juga membentuk citra brand
atau perusahaan. Iklan pada dasarnya berisi symbol maupun tanda yang di
representasikan atas realita-realita dan fenomena yang di tangkap olehsi pembuatnya.
Kerena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda yang
mempresentasikan pesan sosial dalam iklan Grab Terimakasih Sepanjangpanjangnya. Penelitian ini berdasarkan pada teori Semiotika Roland Barthes yang
menganalisis menggunakan pemaknaan bertingkat, yaitu makna denotasi, konotasi,
dan kemudian mitos yang dimunculkan. Makna denotasi dimengerti secara harfiah
atau makna yang sesungguhnya. Makna konotasi adalah makna yang tersembunyi atau
implisit, sedangkan mitos adalah pemaknaan yang muncul setelah konotasi atau
perkembangan dari konotasi.
Dari penelitian ini iklan grab terimakasih sepanjang-panjangnya banyak
memuat pesan-pesan sosial yang menampilkan hal-hal kepekaan dan empati dalam
kehidupan, yaitu kepedulian terhadap kaum difable, bentuk dan etika bekerjasama,
kesenjangan pendidikan, dan juga keharmosian sebuah dalam keluarga. Secara
semiotika, iklan grab terimakasih sepanjang-panjangnya sebenarnya memiliki pesan
tersirat berupa komunikasi pemasaran, yang dibalut dengan menampilkan grab
sebagai perusahaan yang sangat humanis dan memahami permasalahan sosial. Pesan
sosial dalam iklan grab terimakasih sepanjang-panjangnya, banyak memuat pesan
yang tidak sesuai dengan realita ataupun mitos yang ada dalam masyarakat - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunisa, S.Sos.,M.M
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]:https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4386
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article