Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Membangun Loyalitas Konsumen Pada Kopiria (Anis Alimah Shalihah, Rina Juwita, Adietya Arie Hetami)

June 28, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Alimah Shalihah, Anis
On: Jun 28, 2022 @ 6:41 PM
IP: 180.248.250.57

  • 1. Title [Judul]: Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Membangun Loyalitas Konsumen Pada Kopiria
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Anis Alimah Shalihah, Rina Juwita, Adietya Arie Hetami
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Digital, AIDA, Loyalitas, Kopiria
  • 4. Description [Abstrak] : Tren minuman kopi semakin meningkat, untuk menghadapi persaingan bisnis yang ketat dibutuhkan strategi yang dapat membantu suatu brand tetap bertahan dan memperoleh loyalitas serta mewujudkan tujuan-tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran digital Kopiria lakukan dalam membangun loyalitas konsumen dan hambatannya dengan menggunakan teori pemasaran digital dengan model AIDA (awareness, interest, desire, action). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber dari penelitian ini yaitu Marketing Creative Kopiria sebagai Key informan dan didukung narasumber lain seperti Founder, Social Media Strategist serta Konsumen Kopiria.
    Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan Kopiria dengan menjalankan berbagai elemen pemasaran yaitu iklan, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, promosi penjualan, publisitas dan penjualan personal agar lebih efektif. Beberapa indikator loyalitas yang terjadi pada konsumen Kopiria yaitu melakukan pembelian secara teratur, membeli produk di luar lini produk, dan merekomendasikan produk ke orang lain. Adapun hambatan dalam penerapan pemasaran digital dalam membangun loyalitas konsumen terletak pada elemen bauran pemasaran yaitu People (orang) seperti kurangnya sumber daya manusia internal perusahaan yang paham di bidang tertentu khususnya bidang pemasaran digital dan pada sisi konsumen yang interaksi di media digital khususnya media sosial yang tidak selalu ramai sehingga dalam penerapan fungsi pemasaran digital masih belum maksimal.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Rina Juwita, S.IP., MHRIR, dan Adietya Arie Hetami, S.Sos, M.AB
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 Juni 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email