Komunikasi Interpersonal Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media WhatsApp (Studi Kasus Siswa SMP Nasional KPS Balikpapan) (Mutia Dwicahya)

June 28, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 28, 2022 @ 6:31 AM
IP: 140.213.201.2

  • 1. Title [Judul]: Komunikasi Interpersonal Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media WhatsApp (Studi Kasus Siswa SMP Nasional KPS Balikpapan)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Mutia Dwicahya
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi Interpersonal,Difusi Inovasi,Pandemic Covid-19 ,Pembelajaran Daring
  • 4. Description [Abstrak] : Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih, yang biasanya tidak diatur secara formal. Penggunaan media whatsapp sebagai komunikasi interpersonal selama pembelajaran daring dinilai sebagai media alternative dalam belajar di era pandemic Covid-19 ini. Penelitian ini berisi tentang komunikasi interpersonal siswa smp nasional kps balikpapan dalam pembelajaran daring melalui media whatsapp. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, mendeskripsikan serta menganalis komunikasi interpersonal siswa dalam pembelajaran daring melalui media whatsapp dan mengetahui efektivitas komunikasi interpersonal siswa dalam pembelajaran daring melalui media whatsapp. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik wawancara informan. Penelitian ini menggunakan Teori Difusi Inovasi.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan dilakukan oleh SMP Nasional KPS Balikpapan dengan menerapkan pembelajaran daring menggunakan media utama whatsapp menciptakan pembelajaran yang interaktif serta komunikasi interpersonal yang dibangun oleh siswa, guru maupun orangtua menggunakan media whatsapp dinilai cukup efektif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si, Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP.,M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email