Persepsi Mahasiswi Terhadap Pesan Iklan Wardah Versi “Exclusive Matte Lip Cream” Di Youtube Dalam Membentuk Citra Cantik (Studi Pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi 2015 Universitas Mulawarman) (Luwih Rachmanita)

June 25, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 25, 2022 @ 11:32 AM
IP: 110.139.153.3

  • 1. Title [Judul]: Persepsi Mahasiswi Terhadap Pesan Iklan Wardah Versi “Exclusive Matte Lip Cream” Di Youtube Dalam Membentuk Citra Cantik (Studi Pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi 2015 Universitas Mulawarman)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Luwih Rachmanita
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persepsi, Iklan, Citra Cantik
  • 4. Description [Abstrak] : Pesan iklan merupakan ide atau berita yang dikomunikasikan atau yang
    disampaikan kepada audience melalui media iklan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis persepsi mahasiswi terhadap pesan iklan Wardah versi “exclusive matte lip cream” di youtube dalam membentuk citra cantik pada mahasiswi Ilmu Komunikasi 2015 Universitas Mulawarman. Fokus penelitian yang digunakan mengenai persepsi mahasiswi terhadap pesan iklan Wardah versi “exclusive matte lip cream” di youtube dalam membentuk citra cantik pada mahasiswi Ilmu Komunikasi 2015 Universitas Mulawarman meliputi indikator pesan iklan menurut Bovee dalam Apriani (2015:5), yaitu terdiri dari isi pesan (pesan dikemas secara menarik dan rasional), struktur pesan (menampilkan ide cerita yang jelas), format pesan (pemilihan kata, ekspresi wajah, dan gerak tubuh,
    sumber pesan (daya tarik). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
    observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
    digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswi terhadap pesan iklan Wardah versi “exclusive matte lip cream” di youtube dalam membentuk citra cantik pada mahasiswi Ilmu Komunikasi 2015 Universitas Mulawarman
    mendapatkan persepsi positif. Informan mampu memahami pesan iklan Wardah
    versi “exclusive matte lip cream”. Selain itu, informan juga mengatakan bahwa citra cantik yang ditampilkan dalam iklan tersebut merupakan standar kecantikan perempuan Indonesia yang memiliki tubuh langsing, berkulit putih, dan rambut hitam. Namun, terlepas dari itu semua informan meyakini jika semua perempuan
    itu cantik tetapi tidak harus seperti apa yang ditampilkan di dalam iklan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si, Annisa Wahyuni Arsyad, S.Ip.,MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email