Pengelolaan Lamin Adat Suku Dayak Benuaq Sebagai Destinasi Wisata Di Kampung Tebisaq Kecamatan Siluq Ngurai Kabupaten Kutai Barat (Markus Herwanto)

June 21, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Herwanto, Markus
On: Jun 21, 2022 @ 6:19 AM
IP: 182.3.132.31

  • 1. Title [Judul]: Pengelolaan Lamin Adat Suku Dayak Benuaq Sebagai Destinasi Wisata Di Kampung Tebisaq Kecamatan Siluq Ngurai Kabupaten Kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Markus Herwanto
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: pengelolaan, lamin adat, destinasi wisata
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pengelolaan Lamin Adat Suku Dayak Benuaq sebagai Destinasi Wisata di Kampung Tebisaq Kecamatan Siluq Ngurai Kabupaten Kutai Barat. Fokus penelitian Mengetahui dan mendeskripsikan pengelolaan lamin adat suku Dayak Benuaq sebagai destinasi wisata Di Kampung Tebisaq Kecamatan Siluq Ngurai Kabupaten Kutai Barat Yang meliputi Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (organizing), Pengarahan (Actuatung), Pengawasan (controling) serta faktor pendukung dan penghambat
    Pemilihan informan di lakukan dengan menggunakan metode teknik purpose sampling. jenis penelitian yang di pergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggunakan metode-metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna oleh sejumlah individu atau sekelompok orang yang di anggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Dalam penelitian ini, teknik analisis data menggunakan metode pendekatan sosial. Menurut Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman (2007:20)
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pengelolaan lamin adat suku dayak benuaq sebagai destinasi wisata di kampung tebisaq kecamatan siluq ngurai kabupaten kutai barat yang eksistensinya bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat luas kemudian dalam pengelolaan lamin adat tersebut sebagai destinasi wisata pemerintah kampung bekerja sama dengan lembaga adat dan Pokdarwis yang berada di kampung tebisaq sejak tahun 2015 kemudian dalam pelaksanaan pengelolaan tersebut tentu dimulai dari perencanaan, kordinasi, pengarahan, serta pengawasan atau evaluasi.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Badruddin Nasir, M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

25 total views, 3 views today