Studi Tentang Kolaborasi Pemerintah Kota Bontang dan PT. Pupuk Kalimantan Timur Dalam Pengelolaan Sampah Melalui TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) Bessai Berinta Kota Bontang (Andi Ancha)

June 17, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 17, 2022 @ 10:40 AM
IP: 182.3.132.3

  • 1. Title [Judul]: Studi Tentang Kolaborasi Pemerintah Kota Bontang dan PT. Pupuk Kalimantan Timur Dalam Pengelolaan Sampah Melalui TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) Bessai Berinta Kota Bontang
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Andi Ancha
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kolaborasi, Pengelolaan Sampah, Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu
  • 4. Description [Abstrak] : Permasalahan sampah menjadi masalah yang dihadapi berbagai kota termasuk Kota Bontang. Salah satu upaya Pemerintah Kota Bontang dalam menangani permasalahan sampah dengan pengelolaan sampah melalui Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bessai Berinta. Model pengelolaan TPST Bessai Berinta ini dengan Collaborative Governance bersama dengan PT. Pupuk Kalimantan Timur, kelompok swadaya masyarakat, dan masyarakat umum. Pelaksanaan pengelolaan TPST Bessai Berinta dengan model Collaborative Governance tidak terlepas dari tantangan atau bebrapa faktor yang menjadi penghambat. Pada Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kolaborasi pengelolaan sampah di TPST Bessai Berinta serta mengetahui faktor yang menjadi pendorong dan penghambat kolaborasi. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan menarik simpulan dan verifikasi. Temuan pada penelitian ini menunjukkan kolaborasi belum berjalan secara optimal disebabkan beberapa hal yaitu pemahaman mengenai tujuan kolaborasi kurang dipahami oleh beberapa pihak, keterlibatan beberapa pihak di forum terbatas, transparansi hanya pada beberapa pihak, dialog tatap muka belum melibatkan semua pihak, belum ada kondisi ketergantungan, belum ada standar kinerja bersama, komitmen dari pihak pemerintah yang kurang mengenai dana, dan keterlibatan pihak yang memiliki keahlian dalam pengolahan sampah plastic belum nampak.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal

34 total views, 2 views today