IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA SAMARINDA NOMOR 4 TAHUN 2013 TENTANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ( Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri 016 Sungai Kunjang Sebagaisalah Satu Sekolah Inklusi Di Samarinda) (Elfa Nurhazna Meisya)
June 12, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Meisya, Elfa Nurhazna
On: Jun 12, 2022 @ 8:50 AM
IP: 27.122.14.90
- 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA SAMARINDA NOMOR 4 TAHUN 2013 TENTANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ( Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri 016 Sungai Kunjang Sebagaisalah Satu Sekolah Inklusi Di Samarinda)
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Elfa Nurhazna Meisya
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi Kebijakan, inklusi
- 4. Description [Abstrak] : Elfa Nurhazna Meisya, Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Judul penelitian “Implementasi Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri 016 Sungai Kunjang Sebagai Salah Satu Sekolah Inklusi di Samarinda)” oleh bimbingan Bapak Dr. Anwar As., S.Sos., MM dan Bapak Drs. H. Burhanudin, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan implementasi Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 4 Tahun 2013 tentang Pendidikan (studi kasus di SD Negeri 016 Sungai Kunjang sebagai salah satu sekolah inklusi di Samarinda), dan untuk mengidentifikasi faktor penghambat . Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 016 Sungai Kunjang Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, meliputi wawancara, observasi, dan teknik pengumpulan data dokumen. Staf nara sumber termasuk Kepala SD Negeri 016 Sungai Kunjang dan Koordinator Inklusi SD Negeri 016 Sungai Kunjang. Analisis data yang diperoleh menggunakan model analitik interaktif Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian menunjukan implementasi Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri 016 Sungai Kunjang sebagai salah satu sekolah inklusi di Samarinda) sudah berjalan, pelaksanaan pembelajaran inklusi yang sudah berlangsung di SD Negeri 016 Inklusi Sungai kunjang akan tetapi belum optimal. SD Negeri 016 Sungai Kunjang menyediakan tenaga pengajar khusus inklusi yang memiliki kualifikasi sebagai tenga pengajar anak berkebutuhan khusus, kurikulum siswa reguler dimodifikasi untuk siswa inklusi agar siswa berkebutuhan khusus dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos., MM dan Drs. H Burhanudin M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 30 Juni 2021
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3604
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document