Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis SWOT dan WASPAS pada Jasa Percetakan Undangan Confetti Project (Trisda Derama)
June 10, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Derama, Trisda
On: Jun 10, 2022 @ 6:40 AM
IP: 125.160.114.177
- 1. Title [Judul]: Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis SWOT dan WASPAS pada Jasa Percetakan Undangan Confetti Project
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Trisda Derama
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Pemasaran, SWOT, WASPAS
- 4. Description [Abstrak] : Dengan berkembangnya bisnis yang semakin pesat, tidak terkecuali bisnis jasa
mengakibatkan persaingan yang ketat. Salah satu bisnis jasa yang sedang berkembang pesat
pada saat ini adalah jasa percetakan undangan. Confetti Project yang merupakan salah satu
bisnis jasa percetakan undangan di Samarinda harus mampu menghadapi ketatnya tingkat
persaingan. Dengan tujuan menganalisis strategi pemasaran yang tepat untuk Confetti Project
dengan menggunakan metode mix method yang dilakukan dengan dua tahap, yaitu metode
analisis SWOT dan WASPAS. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini
ada 4 cara, yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan survei dengan jumlah sampel 78
orang. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil perhitungan WASPAS yang didapatkan dari
matriks SWOT yang ada diperoleh hasil akhir dari perhitungan WASPAS, yaitu alternatif
strategi (A2) mendapatkan peringkat 1 dengan nilai Qi sebesar 0,835, sedangkan alternatif
strategi (A6) mendapatkan peringkat 8 atau terakhir dengan nilai Qi sebesar 0,769. Dapat
disimpulkan bahwa Confetti Project dapat menerapkan alternatif strategi meningkatkan
kualitas hasil cetakan undangan dan pelayanan kepada pelanggan (A2) yang menempati
peringkat 1 dari hasil perhitungan WASPAS, sebagai strategi pemasaran selanjutnya untuk
mengembangkan bisnisnya. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Muhammad Fikry Aransyah, M. BA., B. BA
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/923
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open document