Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis SWOT dan WASPAS pada Jasa Percetakan Undangan Confetti Project (Trisda Derama)

June 10, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Derama, Trisda
On: Jun 10, 2022 @ 6:40 AM
IP: 125.160.114.177

  • 1. Title [Judul]: Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis SWOT dan WASPAS pada Jasa Percetakan Undangan Confetti Project
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Trisda Derama
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Pemasaran, SWOT, WASPAS
  • 4. Description [Abstrak] : Dengan berkembangnya bisnis yang semakin pesat, tidak terkecuali bisnis jasa
    mengakibatkan persaingan yang ketat. Salah satu bisnis jasa yang sedang berkembang pesat
    pada saat ini adalah jasa percetakan undangan. Confetti Project yang merupakan salah satu
    bisnis jasa percetakan undangan di Samarinda harus mampu menghadapi ketatnya tingkat
    persaingan. Dengan tujuan menganalisis strategi pemasaran yang tepat untuk Confetti Project
    dengan menggunakan metode mix method yang dilakukan dengan dua tahap, yaitu metode
    analisis SWOT dan WASPAS. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini
    ada 4 cara, yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan survei dengan jumlah sampel 78
    orang. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil perhitungan WASPAS yang didapatkan dari
    matriks SWOT yang ada diperoleh hasil akhir dari perhitungan WASPAS, yaitu alternatif
    strategi (A2) mendapatkan peringkat 1 dengan nilai Qi sebesar 0,835, sedangkan alternatif
    strategi (A6) mendapatkan peringkat 8 atau terakhir dengan nilai Qi sebesar 0,769. Dapat
    disimpulkan bahwa Confetti Project dapat menerapkan alternatif strategi meningkatkan
    kualitas hasil cetakan undangan dan pelayanan kepada pelanggan (A2) yang menempati
    peringkat 1 dari hasil perhitungan WASPAS, sebagai strategi pemasaran selanjutnya untuk
    mengembangkan bisnisnya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Muhammad Fikry Aransyah, M. BA., B. BA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open document

Loading