ADAPTASI INOVASI GO-DIGITAL DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19: (Studi Kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda) (Anita Wahyuni )

June 1, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: -, Anita
On: Jun 1, 2022 @ 10:40 AM
IP: 114.5.111.151

  • 1. Title [Judul]: ADAPTASI INOVASI GO-DIGITAL DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19: (Studi Kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Anita Wahyuni
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Adaptasi inovasi, go-digital, pelayanan publik, covid-19, Disdukcapil, Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini memusatkan perhatian pada inovasi Go-Digital yang dilakukan
    oleh instansi pemerintah, baik dalam hal bentuk-bentuk inovasi, perkembangan
    inovasi Go-Digital sebelum adanya pandemi Covid-19, adaptasi inovasi Go-
    Digital yang dilakukan di masa pandemi Covid-19, dan hasil dari adaptasi
    inovasi tersebut di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini memakai obyek kantor
    Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Samarinda, dan
    data-data yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan penelitian lapangan
    menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dianalisis dengan
    menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan
    bahwa, pertama, ditemukan 12 bentuk inovasi Go-Digital yang dilakukan oleh
    instansi ini untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Kedua,
    inovasi Go-Digital telah dilakukan sejak 2018 dan terus dikembangkan untuk
    memperoleh hasil maksimal, baik secara kualitatif maupun perluausan bidang-
    bidang pelayanan. Ketiga, inovasi-inovasi tersebut tetap survive bahkan
    bertransformasi positif di masa pandemi Covid-19 karena dilakukan adaptasi
    inovasi, dan terakhir hasil dari adaptasi inovasi menunjukan kearah yang lebih
    positif Indikatornya bisa dilihat dari waktu pengurusan dokumen kependudukan
    di masa pandemi menjadi jauh lebih cepat, kualitas pelayanan tetap terjaga, dan
    jumlah orang yang dilayani tidak berkurang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil. I Ketut Gunawan, MA & Dr. Jauchar Barlian, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading