Pembangunan Infrastruktur Desa (Studi Perbandingan Desa Muara Kalaq Dengan Desa Sakaq Tada Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Di Kecamatan Mooq Manaar Bulatn Kabupaten Kutai Barat) (Rexy Augush Danie)

May 30, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Danie, Rexy Augush
On: May 30, 2022 @ 10:45 AM
IP: 182.3.135.121

  • 1. Title [Judul]: Pembangunan Infrastruktur Desa (Studi Perbandingan Desa Muara Kalaq Dengan Desa Sakaq Tada Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Di Kecamatan Mooq Manaar Bulatn Kabupaten Kutai Barat)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rexy Augush Danie
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pembangunan, Strategi, Peningkatan Ekonomi
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan pembangunan fisik pada desa Muara Kalaq dan desa Sakaq Tada serta strategi yang digunakan oleh pemerintah desa kedua desa dalam melaksanakan pembangunan, sehingga pembangunan yang berlangsung dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Serta untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembangunan kedua desa. Penelitian ini menyorot perbedaan jumlah pembangunan fisik terhadap kedua desa yang sangat berpengaruh dalam peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

    Metode penelitian yang yang dipakai peneliti adalah studi komparatif, dengan pendekatan deskritif kualitatif. Studi komparatif adalah penelitian yang membandingkan antara dua objek dan mencari variabel yang menjadi sebab dan akibat dari munculnya suatu permasalahan tertentu. Deskrtif kualitatif memiliki tujuan untuk mendeskripsikan, memaparkan serta menjelaskan variabel-variabel dari suatu penelitian. Penelitian ini membandingkan pembangunan fisik antara desa Muara Kalaq dan desa Sakaq Tada dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

    Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan pembangunan pada desa Muara Kalaq dan desa Sakaq Tada, baik itu strategi dan pendekatan yang digunakan oleh pemerintah desa agar pembangunan desa lebih maju dan berkembang. Dengan adanya perbedaan yang pada ada penelitian ini maka terdapat beberapa variabel yang menjadi perbedaan pembangunan pada desa Muara Kalaq dan desa Sakaq Tada baik pembangunan fisik maupun non fisik yang meningkatkan ekonomi masyarakat kedua desa.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandhi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email