Persepsi Publik Terhadap Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Jaminan Kesehatan Berbasis Teknologi Melalui Mobile JKN Oleh BPJS Kesehatan Indonesia (Tasya Kamila Putri)

May 25, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 25, 2022 @ 9:44 AM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Persepsi Publik Terhadap Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Jaminan Kesehatan Berbasis Teknologi Melalui Mobile JKN Oleh BPJS Kesehatan Indonesia
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Tasya Kamila Putri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Inovasi, Pelayanan, Mobile JKN, BPJS Kesehatan
  • 4. Description [Abstrak] : BPJS Kesehatan merupakan instansi pemerintah yang bertanggungjawab mengelola jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebagai penyedia jaminan kesehatan, BPJS Kesehatan mewujudkan aplikasi Mobile JKN guna memberikan pelayanan dengan cara baru dan lebih baik kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan menganalisis persepsi publik terhadap pelaksanaan inovasi pelayanan berbasis teknologi berupa aplikasi Mobile JKN yang dilakukan BPJS Kesehatan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner online menggunakan google form dan dalam menganalisis data penelitian yang diperoleh menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi publik dalam pelaksanaan inovasi pelayanan jaminan kesehatan berbasis teknologi melalui mobile JKN oleh BPJS Kesehatan Indonesia memperoleh persepsi cenderung negatif atau buruk. Hal ini ditunjukkan dengan dalam lima indikator, sebagian besar mendapat persepsi yang buruk oleh publik, dan hanya dua indikator yang sepenuhnya memperoleh persepsi yang baik atau positif. Direkomendasikan kepada instansi terkait untuk mengurangi intensitas update aplikasi terhadap pengguna, mampu lebih mengoptimalkan sosialiasasi khususnya secara online, dan melakukan antisipasi lebih jika error seperti nomor kontak yang dapat dihubungi dan dicantumkan pada kolom deskripsi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang Irawan, M.Si & Dini Zulfiani, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal

46 total views, 1 views today