Efektivitas Penerapan Pelayanan Publik Berbasis Online di Masa Pandemi Covid-19 Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda (Lilis Hariyana)
May 23, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Hariyana, Lilis
On: May 23, 2022 @ 11:54 PM
IP: 182.3.136.211
- 1. Title [Judul]: Efektivitas Penerapan Pelayanan Publik Berbasis Online di Masa Pandemi Covid-19 Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Lilis Hariyana
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas, pelayanan online, e-government, pandemi Covid-19, disdukcapil
- 4. Description [Abstrak] : Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling dan accidental sampling. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas penerapan pelayanan publik berbasis online di masa pandemi Covid-19 pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pelayanan secara online Disdukcapil telah berusaha secara maksimal untuk tetap memberikan pelayanan saat ditengah pandemi Covid-19 akan tetapi penerapan pelayanan online di Disdukcapil belum sepenuhnya berjalan secara efektif. Berkas persyaratan belum sepenuhnya lengkap dan memenuhi syarat. Secara prosedur, masyarakat masih ada yang terkendala pada saat proses upload berkas ke website karena kurangnya pemahaman dan fasilitas pendukung. Waktu pelayanan telah disesuaikan dengan Standar Operasional Pelayanan (SOP) Disdukcapil dan semua jenis pelayanan selain akte bisa diselesaikan dalam hitungan menit. Biaya pada semua jenis pelayanan gratis. Produk pelayanan semakin meningkat sejak pelayanan online di masa pandemi serta, pelayanan pengaduan yang masih dinilai lambat oleh masyarakat. Adapun faktor pendukung dalam melakukan pelayanan online yaitu tercukupinya Sumber Daya Manusia (SDM) di Disdukcapil dan tersedianya perangkat pendukung. Kemudian faktor penghambat pada pelayanan online ini yaitu adanya gangguan pada jaringan dan tingkat pemahaman masyarakat yang masih kurang mengenai pelayanan online.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos., MM dan Dr. Iman Surya, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3601
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article