Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Aplikasi GO PPU di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara (Shelly Noorlisa)

May 23, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 23, 2022 @ 1:54 PM
IP: 36.85.32.17

  • 1. Title [Judul]: Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Aplikasi GO PPU di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Shelly Noorlisa
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: inovasi, pelayanan publik, go ppu.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini berujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang inovasi GO PPU yang berbasis aplikasi online yang dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara dan untuk mengetahui program aplikasi GO PPU dapat mengubah mindset masyarakat terhadap pelayanan publik di Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara. Penelitian dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara. Adapun jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan serta lapangan menggunaakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan Publik melalui program Aplikasi GO PPU di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara adalah sesuatu hal yang sifatnya inovatif bagi masyarakat pengguna aplikasi GO PPU, berdasarkan keuntungan relatif GO PPU dibanding dengan pelayanan sebelumnya dapat dilihat dari segi waktu yang lebih cepat dan dapat dilakukan di rumah, untuk kesesuaiannya GO PPU sesuai dengan standard pelayanan yang berlaku, untuk kerumitannya GO PPU mudah dioperasikan dan prosedur pelayanan yang memudahkan masyarakat, GO PPU melalui tahap uji coba, GO PPU dikenalkan melalui sosialisasi dan GO PPU mudah diamati bagi masyarakat serta mudah diakses. Sedangkan aplikasi GO PPU belum sepenuhnya mengubah mindset masyarakat untuk memanfaatkan semaksimal mungkin aplikasi GO PPU sehingga tidak perlu lagi datang langsung ke Dukcapil untuk mengurus administrasi kependudukan namun tidak dapat dipungkiri masih terdapat masyarakat yang tidak mengatahui GO PPU.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muhammad Hairul Saleh, M.A dan Dr. Anwar, S.Sos, MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 30 Maret 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal Artikel

35 total views, 1 views today