INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA (Studi Kasus di TPT Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda Ilir Kota Samarinda) (HENDRI)

May 19, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: , HENDRI
On: May 19, 2022 @ 9:12 AM
IP: 182.3.132.93

  • 1. Title [Judul]: INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA (Studi Kasus di TPT Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda Ilir Kota Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: HENDRI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kepuasan, Masyarakat, Pelayanan, Aparatur Sipil Negara
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak H E N D R I, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Jurusan Ilmu Administrasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda, melaksanakan penelitian dengan judul Indeks Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Aparatur Sipil Negara, dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si sebagai Pembimbing I dan Bapak Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos., M.M sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai Indeks Kepuasan Masyarakat dalam pelayanan Aparatur Sipil Negara di Tempat Pelayanan Terpadu KPP Pratama Samarinda Ilir. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif yang dikuantitatifkan dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah tehnik nonprobability sampling. Adapun jenis tehnik nonprobability sampling yang dipakai yaitu Convenience Sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pada ketersediaan elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya. Dari penelitian dan pembahasan untuk memperoleh nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam Pelayanan Aparatur Sipil Negara yang berdasarkan pada 9 unsur atau indicator IKM yang meliputi Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan, Biaya/Tarif, Produk, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Sarana Prasarana, Penanganan pengaduan, saran dan masukan, maka dapat disimpulkan; a. Dari total perhitungan 9 (sembilan) unsur layanan yang di survei kepada penerima layanan/responden yang terdiri dari 100 orang, didapatkan hasil rata-rata nilai indeks kepuasan masyarakat berada pada interval 3,09 dengan nilai konversi senilai 76,56. Hal ini menjelaskan bahwa mutu pelayanan pada Tempat Pelayanan Terpadu KPP Pratama Samarinda Ilir Kota Samarinda berada pada Mutu Pelayanan “B” dengan Kinerja Pelayanan adalah “Baik”. b. Nilai interval dan nilai konversi dari setiap unsur pelayanan berada pada mutu pelayanan “B” dengan Kinerja Pelayanan “Baik”. Hal ini dilihat dari nilai interval berkisar dari 2.50- 3.25 dan nilai konversi berkisar dari 62.51- 81.25.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si sebagai Pembimbing I dan Bapak Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos., M.M sebagai pembimbing II
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading