Evaluasi Program Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat Di desa batu Timbau Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kutai Timur (Pra Adha Riandi)

May 11, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 11, 2022 @ 10:37 AM
IP: 114.5.243.57

  • 1. Title [Judul]: Evaluasi Program Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat Di desa batu Timbau Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kutai Timur
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Pra Adha Riandi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Evaluasi, Tanaman Obat Keluarga, Pemberdayaan
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan pemberdayaan masyarakat dan mengetahui nilai ekonomi baru bagi masyarakat Di Desa Batu Timbau Kecamatan Batu Ampar dalam program Tanaman Obat Keluarga (TOGA).
    Penelitian Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mengarahkan penelitian kepada penggunaan teknik analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman serta penentuan informan dengan menggunakan purposive sampling.
    Hasil penelitian evaluasi program Tanaman Obat Keluarga (TOGA) menunjukkan bahwa (1) Evaluasi pelaksanaan program pada tahap Input (masukan) menunjukkan sudah sesuai dengan panduan sosialisasi, pembentukan komunitas dan kelompok, dan media sosia (2) Evaluasi pelaksanaan program pada tahap tahap transaction (proses) menunjukkan sudah sesuai dengan panduan pengusulan pengajuan, penilaian pengajuan, pengguliran dana, akan tetapi pada pertemuan edukasi dan pendampingan program belum dihadiri seluruh anggota, rata-rata kehadiran hanya 68%. (3) Evaluasi pelaksanaan program pada tahap outcomes (hasil) hasil program ini meningkatkan kesejahrtaan msayarakkat ,keterjangkauan akses modal, meningkatnya pengetahuan, kemampuan dalam berorganisai, dan pendapatan terlihat dari meningkatnya konsumen pada saat program tanaman obat keluarga mengikuti lomba tingakat nasional. (4) dampak ekonomi yang di rasakan masyarakat desa batu timbau, meningkatnya penjualan tanaman obat hingga keluar daerah, namun pada tahun 2020 saat covid 19 masuk ke indonesia, penjualan tanaman obat menurun drastis.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Burhanuddin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

35 total views, 2 views today