PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. DAIHATSU SAMARINDA (NIDYA NANDA PRISILIA IRWAN)
May 9, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Nanda Prisilia Irwan, Nidya
On: May 9, 2022 @ 1:45 PM
IP: 36.85.33.179
- 1. Title [Judul]: PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. DAIHATSU SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: NIDYA NANDA PRISILIA IRWAN
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PELANGGAN
- 4. Description [Abstrak] : Penjualan mobil Daihatsu selama tahun 2015 hingga 2021 cenderung
mengalami penurunan, oleh karena itu perusahaan perlu untuk melakukan evaluasi
mencari tahu faktor-faktor penyebabnya. Untuk melakukan proses pemasaran
sebuah usaha terlebih pada bidang jasa, terdapat tujuh elemen dasar yang harus
diperhatikan oleh perusahaan agar target pemasaran dapat tercapai. Tujuh elemen
dasar strategi pemasaran tersebut yaitu, produk (product), harga (price), lokasi atau
distribusi (place), dan promosi (promotion), proses (process), lingkungan fisik
(physical environtment), dan orang (people). Setalah memehami tujuh elemen dasar
strategi dalam pemasaran, maka diharapkan perusahaan bisa memenuhi apa yang
dibutuhkan, diinginkan, dan diminta oleh konsumen. Berdasarkan hal diatas, maka
setiap perusahaan atau dalam hal ini adalah PT. Astra Daihatsu harus dapat
melakukan upaya pembuatan produk dan menciptakan proses pelayanan yang
berkualitas baik untuk setiap konsumennya. Tujuan yang ingin di capai dari
penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT. Daihatsu Samarinda.
Grand Teori yang digunakan teori kualitas produk, kualitas pelayanan dan
kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan dengan analisis instrumen validitas dan
reliabilitas, uji asumsi klasik, kemudian menggunakan alat analisis regresi linear
berganda. Aplikasi statistik yang digunakan SPSS versi 26.
Kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan
konsumen PT. Daihatsu Samarinda. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikasi
sebesar 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif
terhadap kepuasan konsumen PT. Daihatsu Samarinda. Hasil penelitian diperoleh
nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis Uji F atau Uji
Simultan diperoleh nilai signifikan (0,000)
Ftabel = 3,09. Karena probabilitas lebih kecil dari 0,05 maka variabel Kualitas
produk dan Kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh signifikan
Terhadap Kepuasan konsumen PT. Daihatsu Samarinda. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. M.Zaini, M.Si / Ana Noor Andriana, S.AB., M.AB / Wira Bharata, S.AB., M.AB
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 11-03-2022
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/23085
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal