Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Kawasan Pariwisata Desa Tetebatu Selatan Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (Indriani)

April 29, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: INDRIANI,
On: Apr 29, 2022 @ 12:06 AM
IP: 114.5.111.72

  • 1. Title [Judul]: Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Kawasan Pariwisata Desa Tetebatu Selatan Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Indriani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pemberdayaan Masyarakat, Pengembangan Kawasan Pariwisata, Tetebatu Selatan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat dan mengetahui bagaimana pengembangan kawasan pariwisata di Desa Tetebatu Selatan Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pada tahap perumusan strategi pengembangan pariwisata di desa Tetebatu Selatan, peneliti menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan kawasan pariwisata menunjukkan desa Tetebatu Selatan memiliki potensi pariwisata yang dapat dikembangkan lebih jauh lagi. Kemudian, analisis potensi berdasarkan aspek atau kriteria desa wisata menunjukkan bahwa dari tujuh aspek, hanya aspek kesiapan SDM masyarakat dan aspek fasilitas pendukung pariwisata yang masih perlu ditingkatkan, sedangkan kelima aspek yang lain, yaitu daya tarik wisata, motivasi masyarakat, sarana dan prasarana, kelembagaan dan ketersediaan lahan secara umum telah memadai untuk menjadi desa wisata. Selain itu, pengembangan pariwisata di desa Tetebatu Selatan sudah cukup baik, hanya saja perlunya peningkatan agar kedepannya desa Tetebatu Selatan dapat menjadi salah satu desa wisata terbaik di Indonesia.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Arwin Sanjaya, S.pd., M.AB
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: E-jurnal

62 total views, 2 views today