Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Labanan Makarti Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau (Rizand Fadjar Muhammad)

April 22, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 22, 2022 @ 12:01 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Labanan Makarti Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizand Fadjar Muhammad
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Partisipasi Masyarakat, Pembangunan Infrastruktur
  • 4. Description [Abstrak] : Rizand Fadjar Muhammad, dengan judul skripsi “Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Labanan Makarti Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau” di bawah bimbingan bapak Drs. H. MZ. Arifin, M.Si selaku dosen pembimbing I dan ibu Dini Zulfiani, M.Si selaku dosen pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menggambarkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Labanan Makarti kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Labanan Makarti Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yang diambil adalah perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan hasil, dan evaluasi serta faktor penghambat dan pendukung pada Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Labanan Makarti Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau. Key informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Labanan Makarti. Teknik penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan penelitian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Labanan Makarti Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau belum berjalan dengan baik. Pada proses perencanaan dan pelaksanaan keikutsertaan masyarakat sudah cukup baik tetapi untuk pemeliharaan hasil, masyarakat tidak perduli mereka hanya mengandalkan anggaran dari Desa. Selanjutnya untuk proses evaluasi masyarakat tidak ikut serta karena kurangnya pemahaman dan kemampuan masyarakat. Faktor yang menjadi penghambatnya adalah faktor kesibukan dan faktor pendidikan sedangkan untuk faktor pendukungnya adalah faktor kesadaran dan faktor usia.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. M.Z. Arifin, M.Si & Dini Zulfiani, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal

Loading

Print Friendly, PDF & Email