Peranan Kepala Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Tani di Desa Kota Bangun Ilir Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. (Muhammad Miftah Farid, Dr. Erwin Resmawan, M.Si, Nur Hasannah,S.Sos., M.Si )

April 11, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 11, 2022 @ 3:31 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Peranan Kepala Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Tani di Desa Kota Bangun Ilir Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Miftah Farid, Dr. Erwin Resmawan, M.Si, Nur Hasannah,S.Sos., M.Si
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kata Kunci: Peran, Kepala Desa, Pemberdayaan Petani.
  • 4. Description [Abstrak] :
    Abstrak
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi peran Kepala desa dalam pemberdayaanpetani Di Desa Kota Bangun Ilir Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara dan untuk mengidentifikasi faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik informan menggunakan teknik purposive sampling sebagai nara sumber yaitu Kepala Dinas, staff, masyarakat atau pengunjung. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran Kepala Desa Kota Bangun Ilir telah dilaksanakan dengan baik, yang di identifikasi dari tahap penyadaran, sosialisasi yang dilakukan Kepala Desa seperti pelatihan pemberian vitamin pada tanaman petani yang efektif. Tahap transformasi masyarakat diberikan pemahaman melalui program Kepala Desa untuk membuka wawasan dan memberikan keterampilan dasar mengenai pertanian padi agar dapat mengambil peran di dalam masyarakat melalui pertanian padi. Melalui tahap peningkatan, Kepala desa telah memberikan program yang tepat seperti mengasah kecakapan dan ketrampilan masyarakat melalui sosialisasi sehingga terbentuklah inisiatif dan kemampuan inovatif untuk mengantarkan kemandirian. Faktor penghambat peran Kepala Desa dalam pemberdayaan petani adalah kurangnya partisipasi dari masyarakat dan keterbatasan anggaran.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwin Resmawan, M.Si, Nur Hasannah,S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 11/04/2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: CCL

Loading

Print Friendly, PDF & Email