Implementasi Peraturan Walikota Bontang Nomor 30 Tahun 2018 Tentang Pengurangan Penggunaan Produk Plastik Sekali Pakai (Studi Kasus Ritel Modern di Kota Bontang) (Windi Sri Rahmani)

April 6, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 6, 2022 @ 2:35 PM
IP: 120.188.78.119

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Peraturan Walikota Bontang Nomor 30 Tahun 2018 Tentang Pengurangan Penggunaan Produk Plastik Sekali Pakai (Studi Kasus Ritel Modern di Kota Bontang)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Windi Sri Rahmani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Perwali, Sampah Plastik, Ritel Modern
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi dari Peraturan Walikota Bontang Nomor 30 Tahun 2018 Tentang Pengurangan Penggunaan Produk Plastik Sekali Pakai serta Faktor Pendukung dan Faktor penghambat dari Peraturan Walikota tersebut.
    Jenis penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif, dengan fokus penelitian berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 30 Tahun 2018 Tentang Pengurangan Penggunaan Produk Plastik Sekali Pakai di Kota Bontang yaitu, implementasi serta identifikasi pada implementasi faktor penghambat dan pendukung tentang pengurangan penggunaan produk plastik sekali pakai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data model interaktif dari B. Miles dan A. Huberman yang diawali dengan pengumpulan data, redukdi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
    Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dari Implementasi Peraturan Walikota Bontang Nomor 30 Tahun 2018 Tentang Pengurangan Penggunaan Produk Plastik Sekali Pakai dengan studi kasus ritel modern di Kota Bontang berjalan dengan efektif dengan tidak adanya penggunaan kantong plastik di ritel modern di kota bontang dan dimaksimalkan perkembangannya sesuai dengan peraturan yang sudah ada, namun untuk kekurangannya sendiri masih terletak dari kebiasaan masyarakat yang sulit untuk dirubah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr, Heryono Susilo Utomo, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email