Kearifan Lokal Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berkelanjutan Di Kampung Kelian Luar Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat (Katrina Kornelia Hagong)

March 30, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Hagong, Karina Kornelia
On: Mar 30, 2022 @ 2:00 PM
IP: 182.3.137.115

  • 1. Title [Judul]: Kearifan Lokal Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berkelanjutan Di Kampung Kelian Luar Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Katrina Kornelia Hagong
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kearifan Lokal, Sumber Daya Alam, Pembangunan Berkelanjutan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas keseharian masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada, serta apa saja bentuk tradisi dan praktek dalam pengelolaan sumberdaya berbasis kearifan lokal dikampung kelian luar.
    Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang memberikan suatu gambaran nyata dan benar atas dasar rumusan peristiwa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik, dan dengan cara deskripsi. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumen, dokumentasi dan kepustakaan.
    Adapun kesimpulan penelitian adalah kearifan lokal dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada dikampung kelian luar hingga saat ini masih diterapkan. Dalam melestarikan kearifan lokal pemerintah desa, lembaga adat, dan masyarakat kampung kelian luar sudah menjalankankan tugasnya masing-masing dalam menjaga atau melestarikan kearifan lokal yang ada di kampung kelian luar. Sehingga untuk melestarikan kearifan lokal, ketiga peran tersebut sangat dibutuhkan. Jika salah satu peran tersebut tidak ada atau tidak berjalan maka dalam mempertahankan kearifan lokal perlahan-lahan akan mengurang atau menghilang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muhammad Arifin, M. Hum
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email