Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan Kualitas Depot Air Minum oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda di Kecamatan Samarinda Kota (Iis Marliana)

January 11, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 11, 2022 @ 4:41 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan Kualitas Depot Air Minum oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda di Kecamatan Samarinda Kota
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Iis Marliana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pembinaan dan Pengawasan, Depot Air Minum (DAM)
  • 4. Description [Abstrak] : Iis Marliana, “Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan Kualitas Depot Air Minum oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda di Kecamatan Samarinda Kota” di bawah ini bimbingan ibu Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si selaku pembimbing I dan ibu Thalita Rifda Khaerani, M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan pembinaan dan pengawasan kualitas depot air minum oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda di Kecamatan Samarinda Kota.
    Jenis penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan pada penelitian ini ialah wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan merupakan teknik analisis model interaktif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan dan supervisi depot kualitas air minum oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda di Kecamatan Samarinda Kota kurang optimal. Hal ini terlihat dari pembinaan yang belum berhasil karena masih kurangnya tenaga ahli di bidangnya untuk menyampaikan bimbingan atau informasi penting khususnya dalam produksi air minum bersih, bimbingan teknis belum maksimal, karena waktu menyampaikan arahan pada pengelola tidak menentu. Pengawasan Dinas Kesehatan Kota Samarinda dalam hal pengambilan air minum, biaya administrasi yang agak mahal dan berat bagi pengelola depot air minum sehingga tidak menyeluruh untuk pemeriksaan, sehingga kualitas air yang diperoleh terjamin sehat dengan melakukan pemantauan rutin dua kali dalam setahun. Kendala dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan depot air minum adalah pengawasan yang kurang memadai, tidak ada alokasi dana pengawasan, komunikasi dan sosialisasi tidak terjalin, tidak ada Perda dan program yang terabaikan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Rosa Anggraeny, M.Si & Thalita Rifta Khaerani, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal

26 total views, 1 views today